Wabup Belu Bentuk Gugus Antisipasi Penyebaran Covid-19

0
55
Rapat pembentukan gugus percepatan penanganan covid-19 di Aula Betelalenok, Atambu, Kamis (19/3/2020). Foto : Tedi Jenahas/Pos Kupang

TIMORDAILY.COM, ATAMBUA-Wakil Bupati Belu, Drs. J.T Ose Luan membentuk gugus antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19, Kamis (19/3/2020) sore.

Rapat pembentukan ini bertempat di Aula Betelalenok, Atambua. Turut hadir dalam kegiatan itu, Dandim 1605 Belu, Letkol (Inf) Ari Dwi Nugroho, Wakapolres Belu, Kompol Herman Bessie dan Plt Sekda Belu, Marsel Mau Meta.

Pimpinan OPD yang hadir meliputi, pimpinan PLBN, perwakilan Imigirasi, Bea Cukai, Karantina Kesehatan, Direktur RSUD Atambua, para pejabat eselon III lingkup Pemkab Belu.

Dalam rapat antisipasi penyebaran covid-19, Wabup Belu mengatakan, pembentukan ini untuk menindaklanjuti instruksi Gubernur NTT.

BACA JUGA : PMKRI Kupang Kutuk Tindakan Anggota DPRD TTS dan Minta Nasdem Pecat Hendrik Babys

BACA JUGA : Dinkes Provinsi NTT Kirim Tim Periksa Pasien Status PDP Corona di Alor

BACA JUGA : Anak, Sopir dan Asisten Pribadi Menteri Tjahjo Kumolo Positif Terpapar Covid-19

Gugus yang dibentuk ini memiliki tugas yakni, a) Meningkatkan ketahanan daerah di bidang kesehatan, b) Melakukan percepatan penanganan covid 19 melalui sinergi antar perangkat daerah, lembaga vertikal maupun pemangku kepentingan lainnya.

c) Meningkatkan antisipasi perkembangan eskalasi penyebar virus corna atau covid 19 di Kabupaten Belu, d) Meningkatkan sinergi dalam pengambilan kebijakan operasional, e) Meningkatkan Kesiapan dan kemampuan dalam mencegah, mendeteksi dan merespon virus corona atau covid 19 di Kabupaten Belu.

Struktur gugus tugas ini meliputi pengarah, ketua, wakil ketua, sekretaris, dan ketua bidang. Gugus tugas memiliki satu sekretariat yang berpusat di Dinas Kesehatan.

BACA JUGA : Resmi, Timor Leste Umumkan Kasus Pertama Covid-19

BACA JUGA : Proyek Bawang Merah Bermasalah Hingga Dugaan Adik Titip Uang di 5 Rekening, TPDI NTT Sebut Kemungkinan Kecil Bupati Malaka Tidak Tahu

BACA JUGA : Kasat Reskrim Polres Belu Sebut Benturan Pick Up, Ternyata Ini Tinju Anak Pengusaha Timor Permai ke Wajah Kakek Rodrigo

Bupati Belu, Ketua DPRD dan Pimpinan Forkompimda plus sebagai pengarah. Ketua gugus tugas adalah Sekda Belu bersama tiga wakil ketua dan Sekretaris adalah Kepala Dinas Kesehatan.

Sedangkan, ketua atau koordinator bidang-bidang diambil dari pimpinan perangkat daerah.

Direktur RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD, Atambua sebagai koordinator bidang kesehatan, Kepala Dinas Perhubungan sebagai koordinator areal dan transportasi publik, Kepala Dinas Pendidikan sebagai koordinator Bidang Pendidikan dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai koordinator bidang Komunikasi.(Pos Kupang/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat

Leave a Reply