Terapkan Sistem Zonasi, SMPN 1 Atambua Terima Siswa Baru Khusus 5 Kelurahan

0
104
Terapkan Sistem Zonasi, SMPN 1 Atambua Terima Siswa Baru Khusus 5 Kelurahan
Kepala Sekolah SMPN 1 Atambua, Agustina Asa.

TIMORDAILY.COM, ATAMBUA-Tahun ajaran baru 2020/2021 penerimaan peserta didik baru (PPDB) akan dilaksanakan pada akhir bulan Juni 2020.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Belu, SMPN 1 Atambua akan menerima siswa baru dari 5 kelurahan sesuai sistem zonasi.

Hal ini diungkapkan Kepala Sekolah SMPN 1 Atambua, Agustina Asa kepada TimorDaily.com di ruang kerjanya, Selasa (2/6/2020) siang.

Menurut Agustina penerimaan siswa baru tahun 2020 ini didasarkan pada Peraturan Mendikbud RI Nomor 44 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tingkat TK, SD, SMP dan SMA/SMK.

BACA JUGA : Belum Terima Bantuan Covid-19, Lurah Fatubenao Perbatasan RI-RDTL Minta Masyarakat Bersabar

BACA JUGA : Kukuhkan Pengurus PMI Atambua Barat, Bona Bowe: Kita Kerja untuk Kemanusian

BACA JUGA : Kasus Dugaan Korupsi Bawang Merah Malaka – Penyidik Polda NTT “Gilir” Lagi PPK dan Tersangka Lainnya

Aturan Kemendikbud ini ditindak lanjut lewat SK Bupati Belu Nomor 420/PK/ 516/V/2020 tentang penerimaan peserta didik baru ( PPDB ) pada TK, SD, SMP se – Kabupaten Belu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu mengeluarkan SK dengan Nomor 420/PK /519/ V /2020 tentang penetapan sona Penerimaan peserta didik baru dan daya tampung satuan pendidikan pada tinngkat SD dan SMP.

Merujuk pada tiga aturan ini, ungkap Agustina, SMPN 1 Atambua melalui SK Panitia penerimaan peserta didik baru telah menetapkan beberapa langkah, antara lain di tengah pandemi Covid-19 jadwal penerimaan PPDB berbeda dari tahu sebelumnya. Penerimaan peserta didik fokus pada lima kelurahan; Manumutin, Tenukiik, Atambua, Tulamalae dan Berdao.

“Karena ada 5 kelurahan maka kami menetapkan kelurahan Manumutin pada tanggal 29-30 Juni berdasarkan RT yang sudah ditentukan. Tenukiik 1 Juli, Atambua 2 Juli, Tulamalae 3 juli dan Berdao 4 Juli. Selanjutnya akan diberikan kesempatan untuk mendaftar setelah diambil formulirnya sesuai dengan kelurahan yang ditetapkan oleh panitia,” jelasnya.

Sedangkan pengumuman pendaftaran, jelas Agustina untuk kelurahan Manumutin pada tanggal 6-7 Juli, Tenukiik 8 Juli, Atambua 11 Juli, Berdao 9 Juli, Tulamalae 10 Juli dan akan diumumkan pada tanggal 13 juli secara online seleksi adminitrasi.

BACA JUGA : Soni Alelang Dilantik Jadi Sekda Alor, Bupati Djobo Ingatkan Jauhkan dari Kepentingan Politik Dalam Menata Birokrasi

BACA JUGA : Belum Kantongi Legalitas Sidang Praperadilan, Polres Malaka Nyaris Diusir dari Persidangan di PN Atambua

BACA JUGA : Sidang Perdana Praperadilan Wartawan Seldi Terhadap Polres Malaka Digelar Hari Ini

Agustina menandaskan, jika melebihi sona akan dibuat peringkat jarak. Misal 100 meter dan seterusnya sampai pada yang paling jauh. Bagi siswa yang jauh diharapkan untuk mendaftar pada sekolah terdekat.

Dia menjelaskan, pendaftaran siswa baru tidak dipungut biaya karena telah masuk dana dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2020. Sedangkan persyaratan pendaftaran, foto copy pengumuman kelulusan 1 lembar, foto copy hasil ujian sementara dilegalisir, akte kelahiran 1 lembar, kartu keluarga dan menunjukkan asli serta KTP dari orangtua.

Agustina menambahkan, umur siswa baru maksimal 15 tahun pada 1 Juni 2020. Bagi orangtua yang telah pindah penugasan dilampirkan juga foto copy surat tersebut, sedangkan bagi keluarga ekonomi lemah menyiapkan juga foto copy Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan KIS serta PKH.

“Jadi untuk tahun ini, kita siap terima siswa sebanyak 384 siswa sesuai dengan daya tampung kami 12 rombongan belajar, setiap kelas maksimal 32 siswa,” tutupnya.(ito/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat