Sukses Tangani Corona, China Bagi Resep dengan Indonesia

0
102
Bantuan alat medis dari China untuk menanggulangi wabah virus Corona di Indonesia. Foto: Kedubes China

TIMORDAILY.COM, JAKARTA-Pemerintah China berhasil menangani wabah Virus Corona atau Covid-19. Namun,  di berbagai negara masih menjadi masalah serius yang harus diselesaikan.

Untuk menghadapi virus yang telah menyebar ini,  China bakal berbagi pengalaman dengan negara-negara yang sedang serius menanggulangi covid-19.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam sambungan telefon dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan,  pihaknya bakal membagikan resep guna menangani penyebaran virus corona di Indonesia.

“China siap untuk memperdalam kerja sama dengan Indonesia dalam merespon epidemi. China juga siap untuk berbagi pengalamannya dengan Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya,” kata Wang Yi seperti dilansir SINDOnews.com.

BACA JUGA : Gegara Corona, 3 Miliar Orang Dikarantina di Rumah

BACA JUGA : Cegah Covid-19, Pemuda Muhammadiyah Kota Kupang Imbau Warga Isolasi Diri

BACA JUGA : Update Covid-19 di NTT ODP Bertambah 20 Orang Jadi 130 Orang, Kabupaten Belu Sudah 10 Orang

“Kami yakin bahwa di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, rakyat Indonesia pada akhirnya akan menang atas epidemi,” imbuhnya seperti disitir dari situs Kedutaan Besar China di Indonesia, Kamis (26/3/2020).

Yi mengatakan bahwa saat China jatuh terjerambab dalam epidemi, Presiden Joko Widodo menelepon Presiden Xi Jinping untuk menyatakan dukungannya. Tidak hanya itu, pemerintah serta berbagai sektor Indonesia juga menyumbang ke China dalam bentuk tunai dan barang.

“Itu adalah sesuatu yang tidak akan pernah kita lupakan. Sekarang ketika Indonesia sedang berjuang melawan epidemi, kami merasa terpanggil untuk melakukan hal yang sama dan mengucapak simpati yang tulus serta dukungan yang kuat kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia,” ujar Yi.

“Pasokan bantuan China telah berangkat ke Indonesia hari ini dan kami akan memberikan fasilitasi bagi negara untuk membeli pasokan respons epidemi dari China,” sambungnya.

Yi mengatakan dalam menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang ditimbulkan oleh COVID-19, China dan Indonesia harus bekerja sama agar lebih kompak dan koordinasi di antara kelompok serta mengirim pesan positif yang terpadu. Sebagai anggota G20, keduanya juga harus mendukung negara-negara lain dalam merespons wabah Corona dan berkontribusi terhadap keamanan kesehatan masyarakat global.

BACA JUGA : Cegah Covid-19, PMKRI Kupang Minta Pemprov NTT Awasi Pengguna Jasa Transportasi

BACA JUGA : Update Covid-19 di NTT ODP Bertambah 20 Orang Jadi 130 Orang, Kabupaten Belu Sudah 10 Orang

BACA JUGA : 21 Mahasiswa Asal Malaka Resmi Jadi Anggota Permmalbar Kupang, ini Pesan Ketua Umum

Sementara itu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada gilirannya mengucapkan selamat kepada China atas penanggulangan epidemi yang efektif dan menghargai pengalaman berbagi China dengan dan menyediakan pasokan medis ke Indonesia serta negara lain.

“Ini menunjukkan rasa tanggung jawab China sebagai negara besar,” kata Retno.

Dalam kesempatan itu, Retno juga memberikan pembaruan tentang respons epidemi terbaru di Indonesia. Ia juga menyatakan minatnya untuk belajar dari pengalaman China dan semakin memperdalam kerja sama dengan China.

Retno setuju bahwa virus tidak mengenal perbatasan dan mempolitisasi wabah tidak membantu solidaritas global terhadap epidemi.

“Indonesia siap bekerja dengan China untuk meningkatkan kerja sama di tingkat regional dan global,” ujarnya.(SINDONEWS/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat

Leave a Reply