Sinopsis Novel Catatan Waktu

1
192
Novel Catatan Waktu Karya Andre Baros
Novel Catatan Waktu Karya Andre Baros.

TIMORDAILY.COM– Andrea lahir di Timor Leste pada 24 september 1990 di Timor Leste, Ia tumbuh dalam konflik berkepanjangan sejak tahun 1975 saat Timor Leste bergabung bersama Indonesia dengan nama Timor-Timur.

Ayahnya adalah seorang petani ladang dan pekebun Kopi, sementara Ibunya adalah seorang Ibu Rumah tangga. Ayah Andrea kemudian bergabung bersama militer Indonesia dan disahkan menjadi seorang prajurit dengan gaji Rp 75.000 tiap bulan, hingga tahun 1999 terjadi perang saudara yang memecah belah masyarakat Timor-Timur pada saat itu.

Sejak Timor-Timur berpisah dengan Indonesia, keluarga Andrea memilih mengungsi ke wilayah Timor bagian barat yang dikenal dengan nama Nusa Tenggara Timur NTT, di sana mereka memulai kehidupan baru dari awal lagi.

Di sana pula Andrea mulai lanjut lagi sekolah dasarnya hingga tamat sekolah menengah Akhir SMA pada tahun 2011 dengan segala keterbatasan hidup yang sungguh memprihatinkan.

Gaji Ayahnya sebagai seorang prajurit pun tidak tahu kemana hilangnya, kini mereka hidup benar-benar dalam keadaan yang penuh dengan kemelaratan.

Sejak SMA Andrea memiliki seorang kekasih bernama Ros, mereka memiliki latar belakang kehidupan dan mimpi yang sama yakni bisa lanjut studi di perguruan tinggi, sayangnya keterbatasan mereka membuat keduanya harus berpisah dan berjuang dengan cara mereka sendiri-sendiri dan berjanji akan bertemu lagi setelah menggenggam mimpi mereka namun realitas tak semanis janji mereka saban hari.

Setelah selesai menamatkan studi S1 Andrea memutuskan untuk mencari pekerjaan di ibu kota agar dekat dengan Ros, namun keberuntungan tak berpihak padanya, Andrea harus menerima kenyataan pahit tentang cinta dan pekerjaan.(TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Novel Catatan Waktu telah terbit pada Maret 2020.