Sekda Alor Diisi Pejabat Sementara, Bupati Amon Djobo Ungkap Dua Tugas Substantif

0
184
Sekda Alor Diisi Pejabat Sementara, Bupati Amon Djobo Ungkap Dua Tugas Substantif
Foto bersama Bupati Alor dan Ibu, Wakil Bupati Alor dan Ibu, Ketua DPRD Alor, mantan Sekda Hopni Bukang, SH dan ibu (berbusana adat) dan penjabat Sekda Alor (busana jas disebelah Dandim), dan pejabat Forkopimda Kabupaten Alor seusai acara pelantikkan Penjabat Sekda Alor

TIMORDAILY,COM, ALOR – Pasca pensiunnya Sekretaris Daerah (Sekda) Alor, Hopni Bukang, SH pada tanggal 1 Maret 2020, maka jabatan strategis ditubuh Pemerintah Kabupaten Alor tersebut langsung diisi dengan pejabat sementara atau penjabat Sekda.

Jabatan ini dipercayakan kepada Yustus Barabas Dopong Abora, SP yang dikenal sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Alor.

Dopong Abora telah dilantik sebagai penjabat Sekda Alor oleh Bupati Alor, Drs. Amon Djobo di Aula Tara Miti Tomi Nuku dilantai tiga Kantor Bupati Alor, pada Senin (2/3/2020).

BACA JUGA : TPDI Menduga Pejabat Polda NTT Salahgunakan Otopsi dan Hasil Penyidikan Kasus Kematian Anselmus Wora Demi SP3

BACA JUGA : Kunjungi Perbatasan RI-RDTL, Kaskogabwilhan II Mayjen Joko Minta Satgas Pamtas Laksanakan Tugas Secara Maksimal

BACA JUGA : Ketiadaan Peralatan Penangganan Corona Virus, Pemkab Alor “Tolak” Kapal Pesiar dari Australia

Bupati Djobo dalam sambutan pelantikan tersebut yang direlease oleh Pejabat Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Alor, Edi Kaful mengatakan, pejabat yang ditunjuk tersebut akan melaksanakan tugas-tugas Sekda sampai dengan pelantikan pejabat definitif.

Bupati mengungkapkan, Sekda secara substantif memiliki dua tugas, yakni tugas secara administrasi dan koordinasi. Tugas administrasi, yakni segala urusan administrasi dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah harus sepengetahuannya.

Sekda nantinya memilah mana yang jadi kewenangan Bupati dan mana yang menjadi urusan teknis Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Sekda harus tegas dan selektif memilah urusan mana yang mana menjadi kewenangan Bupati dan mana yang menjadi urusan teknis OPD. Jangan semuanya disampaikan ke Bupati dan menunggu perintah Bupati,” tandas Bupati Djobo sambil menegaskan agat diingat baik-baik apa yang disampaikannya.

Sementara untuk tugas koordinatif, Bupati Djobo melanjutkan, Sekda wajib membangun kemitraan dengan semua elemen terkait di Daerah, Propinsi, dan Pemerintah Pusat sehingga penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kemasyarakatan dapat berjalan secara baik.

Bupati Djobo dalam kesempatan itu menyampaikan terimakasih kepada mantan Sekda Hopni Bukang, SH yang telah membantu dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kemasyarakatan selama bertugas sebagai Sekda Alor.

“Pak Hopni telah pensiun, namun saya harap dapat membantu Pemerintah Daerah melalui sumbangan pikiran yang konstruktif,” ungkap Bupati Djobo.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Alor, Enny Anggrek, SH dalam sambutannya dalam acara pelantikan tersebut menyampaikan terimakasih atas kepekaan Bupati Alor dalam mengisi kekosongan jabatan strategis Sekda sehingga tidak terjadi kekosongan jabatan.

Anggrek mengharapkan, penjabat yang dilantik dapat membantu Bupati Alor dalam melaksanakan pengelolaan administrasi dan keuangan serta dapat membangun koordinasi yang baik dengan semua pihak dalam rangka penyelenggaraan pemerintah di Kabupaten Alor.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut, Wakil Bupati Alor, Imran Duru, S.Pd, M.Pd, Ketua dan anggota DPRD Alor, Kapolres Alor, Dandim 1622 Alor, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, Ketua Organisasi Perempuan di Kabupaten Alor, Pimpinan OPD, dan undangan lainnya. (osm/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat