Sapras Bandara Kabir Alor Memenuhi Standar Pesawat Beroperasi

0
117

TIMORDAILY.COM, ALOR-Sarana prasarana (Sapras) di Bandar Udara (Bandara) Kabir, di Kecamatan Pantar, Kabupaten Alor telah lengkap atau memenuhi standar.

Diharapkan dalam tahun ini (2020) bandara di Pulau Pantar tersebut dapat diresmikan agar pesawat segera beroperasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satuan Pelayanan Bandara Kabir, Menirius Tuaty kepada Timor Daily di Bandara Mali Alor, Jumat (14/2/2020) mengatakan, Sapras di bandara Kabir telah dibangun lengkap.
Sapras yang dimaksud, yakni terminal, kantor, ambulance, peralatan keamanan, determinal metal detector, dan peralatan lainnya.

Tuaty menandaskan, sapras yang ada tersebut sudah mencukupi atau sangat mendukung untuk pengoperasian pesawat terbang di bandara tersebut.

BACA JUGA : Bom Peninggalan Perang Ditemukan Warga Dekat Pelabuhan Atapupu, Perbatasan RI-RDTL

BACA JUGA : Hendak Cari Kayu Bakar, Ibu di Belu Perbatasan RI-RDTL Malah Temukan Bom Berbobot Ratusan Kilogram

BACA JUGA : KPK Bentuk Tim Satgas untuk Buru Harun Masiku

Menurut Tuaty, faktor yang menjadi kendala sehingga bandara tersebut belum bisa beroperasi karena lahan diujung run way belum dilakukan pembebasan.

Namun, ungkap Tuaty, informasi yang diterimanya dalam tahun ini Pemerintah Daerah akan menyelesaikan pembebasan diujung runway tersebut.

“Target kita dalam tahun ini Bandara Kabir diresmikan. Dalam tahun ini juga diusulkan revisi rute penerbangan, yakni dari Kupang ke Kabir. Kalau sudah beroperasi maka pesawat yang dioperasikan adalah jenis carafan atau yang kita kenal jenis cessna karena panjang landasan saat ini masih 900 meter dan lebar 30 meter,” ungkap Tuaty.

Tuaty menambahkan, apabila lahan diujung landasan sudah tuntas atau diselesaikan pemda, maka pemerintah pusat akan memberikan bantuan untuk pengembangan kawasan bandara tersebut. Sehingga ke depannya dalam pengembangannya tidak ada kendala.

BACA JUGA : Penyanyi Didi Kempot Dikukuhkan Sebagai Relawan Anti Narkoba

BACA JUGA : Kejari Kalabahi Tahan Mantan Sekwan Alor

BACA JUGA : Hujan dan Angin Kencang di Yogyakarta, Begini Penjelasan BMKG

Untuk diketahui dalam beberapa tahun terakhir ini pemerintah membangun Bandara Kabir di Pulau Pantar, Kabupaten Alor. Bandara ini direncanakan diresmikan akhir tahun 2019 lalu. Namun masih ada kendala tekhnis, sehingga direncanakan peresmiannya akan dilakukan tahun ini.

Apabila Bandara Kabir sudah diresmikan, maka Kabupaten Alor memiliki dua Bandara, dan merupakan satu-satunya Kabupaten di NTT yang memiliki dua bandara.(osm/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat

Leave a Reply