Sambut HPN 2020, Pena Batas RI-RDTL Beri Pelatihan Jurnalistik Bagi Pejalar SMA di Belu

0
111

TIMORDAILY.COM,ATAMBUA-Persatuan Jurnalis Belu Perbatasan (Pena Batas) RI-RDTL memberikan pelatihan jurnalistik kepada pelajar tingkat SMA/SMK di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur perbatasan RI-RDTL, Jumat (7/2/2020).

Pelaksanaan pelatihan jurnalis bagi para pelajar dalam rangka menyambut mbut Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 yang dirayakan pada setiap tanggal 9 Februari.

Kegiatan terpusat di dua sekolah yakni, Sekolah Menengah Atas Kristen Atambua (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Atambua. Adapun materi pelatihan tentang dasar-dasra jurnalistik dan kode etik jurnalistik.

Ketua Pena Batas RI-RDTL, Stefanus Dile Payong mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalis bagi pelajar sekolah menengah atas yang dilaksanakan hari ini dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional tahun 2020.

Menurut dia, minat pelajar SMA bahkan di tingkat SMP terhadap dunia jurnalis, dan tulis menulis masih sanga minim karena itu perlu diterapkan, tidak saja pada jenjang pendidikan tingkat tinggi. Sehingga, pembekalan pelatihan jurnalistik, para pelajar bisa menjadi fasilitator bagi siswa lain di sekolah.

BACA JUGA : IBUIBU BELU : BODIES OF BORDERS Tampil Perdana di Jakarta, Wakil Bupati Belu Ose Luan Beri Apreasi

BACA JUGA : Miss Global NTT 2019 Hadiri Peluncuran Buku Pena Batas RI-RDTL, Begini Kesan Virani Seran

BACA JUGA :Kisruh Perangkat Desa Tialai, DPRD Belu Tegaskan Kades Pertahankan Perangkat Lama

Diharapkan kegiatan pelatihan pembekalan materi ini bisa bermanfaat bagi ade-ade pelajar. Dengan materi yang diberikan kita harapkan juga, pelajar bisa bentuk kelompok yang aktif dan partisipatif terkait dengan jurnalistik.

“Melalui pembekalan pelatihan ini siswa bisa berupaya mengimplementsikan kegiatan jurnalistik di sekolah seperti membuat majalah sekokah dan sebagainya,” pinta Evan dalam sambuatannya.

Sebelumnya, Wakil Kepala Kesiswaan Atanasius Of selaku Wakasek Kesiswaan SMKN 1 Atambua saat membuka kegiatan menyampaikan terimakasih sekaligus memberikan apresiasi kepada komunitas Pena Batas RI-RDTL yang meluangkan waktu memberikan pelatihan jurnalistik pada pelajar.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi pelajar. Kebetulan di sekolah ini ada juga jurusan multi media, dengan pelatihan ini bisa menambah ilmu bagi pelajar. Melalui kegiatan ini, jika ada yang berminat bisa masuk ke dunia jurnalis,” ujar Atanasius.

Untuk diketahui, sekitar seratus lima puluh lebih pelajar kelas tiga SMKN 1 mengikuti pelatihan jurnalistik dengan pemateri pelatihan Andre Witak (wartawan TVRI) tentang dasar-dasar jurnalistik dan Teni Jenahas (wartawan cetak harian Pos Kupang) tentang dasar-dasar jurnalistik yang tercantum dalam UU Pers No 40 tahun 1999 dan turut dihadiri pembina Osis. (TIMORDAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Yan Bau

Leave a Reply