Pupuk Semangat Nasionalisme, Satgas Yonif R 142 Beri Materi Bela Negara Bagi Pelajar di Belu Perbatasan RI-RDTL

0
67

TIMORDAILY.COM,ATAMBUA-Personel Pos Asulait Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ memberikan pembekalan Bela Negara kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Sadi di Desa Sadi Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan rutinitas prajurit TNI bagi para pelajar di wilayah perbatasan Belu dengan Negara Timor Leste guna meningkatkan semangat Nasionalisme kepada generasi penerus Bangsa Indonesia.

“Kegiatan ini dalam rangka menumbuh-kembangkan rasa cinta tanah air kepada siswa-siswi selaku generasi penerus Bangsa di masa yang akan datang,” ujar Dansatgas Letkol Inf. Ikhsanudin dalam realese, Jumat (30/1/2020).

Jelas dia, kegiatan itu sekaligus memberikan ilmu pengetahuan tentang Bela Negara dalam rangka membentengi diri generasi penerus Bangsa dari pengaruh Negara luar dihadapkan pada perkembangan teknologi global saat ini.

Dikatakan, kegiatan pembekalan Bela Negara yang dilaksanakan personel Pos Asulait kepada siswa-siswi SMP N Sadi merupakan salah satu wujud kepedulian Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ terhadap siswa-siswi selaku generasi penerus Bangsa yang berada di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste.

“Kegiatan pembekalan Bela Negara tersebut dipimpin langsung oleh Serda M. Reza Firdaus selaku Wadanpos Pos Asulait bersama 5 orang personel Pos Asulait lainnya,” ucap Ikshanudin.

Dijelaskan, pengaruh globalisasi dikemudian hari dikhawatirkan akan dapat mempengaruhi pola pikir pemuda-pemudi Indonesia, sehingga akan berdampak pada lunturnya jiwa Nasionalisme dan semangat juang generasi penerus Bangsa.

BACA JUGA : Soal Kades Rafae Terpilih Belum Dilantik, Bupati Belu Willy Lay Bilang Tanyakan Saja Ke DPRD Belu

BACA JUGA : Ketua DPRD Belu Minta Bupati Segera Lantik Hironimus Pareira Jadi Kades Rafae

BACA JUGA : Lantik Empat Kades, Bupati Belu Willy Lay Minta Jangan Terlalu Percaya Pembisik dan Timsus

BACA JUGA : Imigrasi Atambua Perbatasan RI-RDTL Canangkan WBK Tingkatkan Pelayanan

Hal ini lanjut Ikshanudin telah terlihat pada lunturnya sebagian budaya tradisional yang dimiliki Bangsa, akibat dari pengaruh globalisasi dan perkembangan zaman serta teknologi saat ini.

“Dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat diharapkan siswa-siswi selaku generasi penerus Bangsa akan dapat memperkokoh berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bangsa Indonesia,” imbuh Ikhsanudin.

“Mereka akan memiliki keyakinan dan kepercayaan diri yang kuat dalam menghadapi pengaruh-pengaruh asing, yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan Negara dan Bangsa Indonesia dimasa mendatang,” tambah Dansatgas Yonif R 142/KJ.

Sementara itu, Kepala Sekolah di SMP Negeri Sadi Alex (40) menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan pembekalan ilmu pengetahuan tentang Bela Negara kepada anak didiknya selaku generasi penerus Bangsa.

“Terima kasih kepada bapak TNI khususnya yang berada di Pos Asulait, mereka telah memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik kami tentang Bela Negara, semoga segala sesuatu yang telah diberikan akan dapat bermanfaat bagi mereka dikemudian hari,” ungkap dia.

Sertu Eko Susilo selaku Danpos Asulait menyampaikan terima kasih atas kerjasama para guru-guru SMP Negeri Sadi yang telah terjalin dengan baik selama ini. Selain itu juga terima kasih atas semangat yang ditunjukkan oleh siswa-siswi di SMP Negeri Sadi pada saat berlangsungnya kegiatan.(TIMORDAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Yan Bau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here