PSMTI Alor dan Bank NTT Kalabahi Salurkan Bantuan untuk Warga Alor di Luar Daerah

0
64
Acara PSTMI Kabupaten Alor dan Bank NTT salurkan bantuan melalui Pemkab Alor untuk warga Alor diluar daerah di Rujab Bupati Alor
Foto Acara PSTMI Kabupaten Alor dan Bank NTT salurkan bantuan melalui Pemkab Alor untuk warga Alor di luar daerah di Rujab Bupati Alor

TIMORDAILY.COM, ALOR-Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Kabupaten Alor dan Bank NTT Kalabahi menyalurkan bantuan untuk warga Kabupaten Alor yang berada di sejumlah daerah di luar Kabupaten Alor yang mengalami dampak pandemi covid 19.

Bantuan kemanusiaan berupa sejumlah dana ini diserahkan melalui Pemerintah Kabupaten Alor untuk diteruskan kepada paguyuban Alor di sejumlah daerah.

Acara penyaluran bantuan ini dilakukan di Aula Rumah Jabatan Bupati Alor, Pada Rabu sore (13/5/2020). Hadir dalam acara ini Bupati Alor, Drs. Amon Djobo, Penjabat Sekda Alor, Yustus Dopong Abora, SP, Kepala Bank NTT Kalabahi, Ketua PSMTI Kabupaten Alor, Tonny Lalitan, sejumlah pejabat Pemkab Alor, Karyawan Bank NTT Kalabahi, dan perwakilan pengusaha.

BACA JUGA : Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Belu Sebut Apin Saka Hanya Diminta Klarifikasi

BACA JUGA : Persiapan Beroperasi Bandara Kabir di Kabupaten Alor Terus Dilakukan

BACA JUGA : Dugaan Korupsi Pembangunan SMP Pailawang Kabupaten Alor, 14 Saksi Telah Diperiksa

Bupati Djobo dalam acara tersebut mengatakan, akibat pandemi covid 19 membawa dampak bagi semua orang dan juga berbagai lembaga, termasuk pemerintah.

Untuk pemerintah, jelas Bupati Djobo, dampaknya pada kondisi keuangan negara. Dimana kondisi ini tidak hanya saja terjadi di Kabupaten Alor tetapi juga di semua daerah di Indonesia.

Anggaran APBD yang sudah terpola, Tandas Bupati Djobo, menjadi morat-marit atau perlu penyempurnaan berkaitan dengan covid 19.

Menurut Bupati Djobo, penangganan covid 19 di Kabupaten Alor sudah dialokasikan dana sebesar Rp 15, 8 miliar, kemudian ada pergeseran-pergeseran lagi.

“Memang kita pikir untuk menangani 240 ribu lebih penduduk. Tetapi kita tidak bisa menutup mata dengan masyarakat kita yang diluar daerah. Untuk itu kita berupaya meski sedikit tetapi mereka juga harus diperhatikan,” ungkap Bupati Djobo.

Oleh karena itu, Bupati Djobo menyampaikan terimakasih kepada Paguyuban Tionghoa di Kabupaten Alor dan Bank NTT yang telah membantu Pemerintah untuk bisa berbagi dengan masyarakat kita yang berada diluar daerah.

“Saya cermati APBD kita tidak bisa lagi, sehingga dengan adanya bantuan ini kami menyampaikan terimakasih, sebab tidak mungkin kita kirim ke masyarakat kita yang mengalami kesulitan diluar daerah dengan jagung titi, ubi kayu dan beras,” tandas Bupati Djobo.

Bupati Djobo berulangkali menyampaikan terimakasih atas “uluran tangan” dari warga Tionghoa dan Bank NTT. Pasalnya mereka telah melakukan kegiatan kemanusiaan ini bukan baru kali ini tetapi dari sebelumnya, seperti ketika terjadi KLB DBD dan sejak awalnya penangganan covid 19.

Sementara itu, Ketua PSMTI Kabupaten Alor, Tonni Lalitan mengatakan, bantuan yang disalurkan tersebut merupakan bagian dari kehidupan persaudaraan yang ada.

Bantuan yang ada, ungkap Lalitan, meski kecil namun itulah sedikit bantuan yang dapat mereka sumbangkan.
Menurut Lalitan, pihaknya sangat tersentuh untuk kegiatan kemanusiaan, sehingga sebelumnya juga mereka telah menyalurkan bantuan berupa sembako bersama TNI dan Polri.

Sedangkan Kepala Bank NTT Kalabahi secara singkat mengatakan Bank NTT sangat peduli untuk melakukan kegiatan sosial dan kemanusiaan.

BACA JUGA : IKM NTT Yogyakarta Buka Posko Peduli Covid-19

BACA JUGA : Sampel Swab dari Alor Masih Antri untuk Pemeriksaan

BACA JUGA : Jokowi Tetapkan Belu Masuk Kategori Tertinggal Bersama 61 Daerah lainnya di Indonesia

Kegiatan ini, ungkapnya, dilakukan baik secara perorangan maupun lembaga untuk sedikit berbagi.

Berkaitan dengan bantuan dana yang disalurkan tersebut, dari PSMTI Kabupaten Alor membantu dana sebesar Rp 20 juta dan Bank NTT sebanyak Rp 15 juta.

Bantuan ini diminta oleh Bupati Djobo agar dicatat sebagai bantuan di BPBD Kabupaten Alor, dan Penjabat Sekda Alor diminta untuk mengurus pengirimannya bagi masyarakat di sejumlah daerah yang telah mengirim proposalnya.

Bupati Djobo juga minta bukti pengiriman diberikan kepada semua pihak sebagai bentuk pertanggungjawaban.(osm/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat