Presiden Jokowi Dikabarkan Meresmikan Bandara Kabir-Alor

0
61
Presiden Jokowi Dikabarkan Meresmikan Bandara Kabir-Alor
Bandara Kabir, Kabupaten Alor.

TIMORDAILY.COM, ALOR-Presiden Jokowi (Ir. Joko Widodo) dikabarkan akan meresmikan Bandar Udara (Bandara) Kabir di Pulau Pantar, Kabupaten Alor pada akhir tahun 2020.

Otoritas Bandara setempat tengah melakukan persiapan-persiapan berkaitan dengan kegiatan pengresmian tersebut.
Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bandara Kabir, Menirius Tuaty, A.MT ketika di hubungi Wartawan pada, Selasa (23/6/2020).

Menirius mengatakan, beberapa hari lalu pihaknya mengikuti rapat virtual melalui zoommeeting menyangkut persiapan pengresmian bandara dalam tahun 2020 ini.

Dalam rapat dengan Dirjen Perhubungan Udara tersebut, jelas Menirius, diikuti 5 Satuan Kerja (Satker) yang tahun ini ditargetkan bandara yang sebelumnya dibangun akan diresmikan, termasuk Bandara Kabir.

BACA JUGA : Menyongsong Hari Bhayangkara Ke-74, Polres Alor Sumbang Darah

BACA JUGA : Bupati Alor Minta Kawal Dana Covid Rp 8,2 M, Begini Penjelasan Kadinkes

BACA JUGA : Festival Al-Qur’An Tua dan Festival Dugong di Alor Segera Digelar

Menurut Menirius, rapat tersebut membahas secara tekhnis persiapan peresmian, termasuk ditanya tentang sejumlah kendala yang belum tuntas berkaitan dengan pengoperasian pesawat.

“Kendala di Bandara Kabir yang saya sampaikan adalah soal penyelesaian yang belum tuntas lahan seluas 150 X 150 meter persegi yang lokasinya berada di arah landing pada run way 21. Kendala lahan ini belum diselesaikan Pemerintah Daerah,” ungkap Menirius.

Berkaitan dengan kendala tersebut, Menirius melanjutkan, pihaknya diminta untuk melakukan koordinasi dengan Pemda untuk cepat menuntaskan penyelesaian lahan tersebut. Permintaan ini berhubungan dengan agenda peresmian Bandara Kabir pada bulan Desember 2020.

“Informasi yang kita terima, dari pihak Istana telah membangun koordinasi dengan Kementerian Perhubungan soal rencana kerja Presiden Jokowi terkait dengan rencana peresmian Bandara. Rencana ini bahkan dari pihak Istana telah mengirimkan gambar panggung dan tenda, serta peralatan yang disebut chek list peresmian yang harus dipersiapkan untuk pengresmian nanti,” kata Menirius, sambil mengatakan pihaknya mulai saat ini mulai melakukan persiapan-persiapan sambil menunggu Pemda menyelesaikan lahan.

BACA JUGA : Dugaan Korupsi Pembangunan SMP Pailawang Kabupaten Alor, 14 Saksi Telah Diperiksa

BACA JUGA : Antri, Proses Penyelidikan Dana Desa di Reskrim Polres Alor

BACA JUGA : Kasus Dugaan Korupsi SMK Kayang, Polisi Konfrontir Kadis Pendidikan Alor dan Tersangka

Menyinggung tentang segi kelayakan bandara bagi pesawat beroperasi, Menirius menandaskan, bandara Kabir sudah sangat layak untuk landing dan terbangnya pesawat. Sarana-prasarana pendukung sudah memadai, termasuk infrastruktur bandara.

Ditanya soal jenis pesawat yang akan beroperasi ke Bandara Kabir setelah pengresmian, Menirius mengatakan, dengan panjang landasan 900 meter sehingga pesawat yang bisa landing berjenis carafan.

Menirius menambahkan, Bandara Kabir saat ini hanya menunggu register Bandara. Register ini diawali dengan proses verivikasi, kemudian baru keluar nomor registrasi.(osm/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat