Positif Corona Meningkat, Afrika Selatan Kunci Diri

0
31
Update Covid-19 di NTT Kamis 26 Maret 2020 - ODP Bertambah Jadi 254 Orang, 221 Karantina Mandiri
Ilustrasi coronavirus

TIMORDAILY.COM, JOHANNESBURG-Positif Virus Corona atau Covid-19 di Afrika Selatan mengalami peningkatan. 

Tercatat,  sebelumnya di Afrika Selatan terdapat 402 kasus dan meningkat menjadi 554 kasus pada Selasa (24/3/2020).

Melonjaknya angka positif corona ini,  Pemerintah Afrika Selatan melakukan lockdown nasional yang mulai tengah malam, Kamis (26/3/2020).

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa mengumumkan 21 hari lockdown dalam pidatonya. Dia menyatakan ekonomi paling maju di Afrika itu diperlukan untuk merespon pencegahan wabah virus corona.
Afrika Selatan memiliki jumlah tertinggi kasus virus corona yang dikonfirmasi di Afrika. Para pakar kesehatan publik khawatir virus itu dapat mengalahkan sistem kesehatan negara itu jika tingkat infeksi terus meningkat tajam.
Pejabat kesehatan yang bertugas memperkuat kapasitas tes virus dan mengembangkan rencana untuk menjamin ketersediaan tempat tidur di unit perawatan intensif.
“Jumlahnya, kita tidak boleh terkejut saat kita melihat angkanya meningkat. Tapi langkah itu jika kita semua bekerja sama harus mengubah situasi,” papar Menteri Kesehatan Zweli Mkhize.

Dia menjelaskan, Afrika Selatan dapat mencapai penurunan infeksi dua atau tiga pekan setelah lockdown berlaku.

“Dua pasien di perawatan intensif, tapi belum ada korban tewas akibat virus corona di negara ini,” ungkap Mkhize.(SINDONEWS/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat

Leave a Reply