Pilkada Manggarai 2020-Panwascam Ruteng Sosialisasi Pemilu untuk Pelajar SMA

0
107
Panwascam Ruteng saat melakukan sosialisasi kepada pelajar SMA, Sabtu (22/2/2020).

TIMORDAILY.COM, MANGGARAI-Agar para pelajar bisa menggunakan hak pilih dan ikut serta berpartisipasi dalam melaksanakan pengawasan Pilkada 2020 di Kabupaten Manggarai, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Ruteng melakukan kegiatan edukasi politik kepada pelajar di SMA Negeri 1 Anam dan SMA St. Klaus, Sabtu (22/2/2020).

Inovensius Abin selaku Ketua Panwascam Ruteng dalam kegiatan tersebut mengatakan, sesuai dengan tema “Lejong Ngopi” atau Ngobrol Pilkada yang diadakan di sekolah-sekolah sebagai rangkaian peguatan kapasitas pengawasan dalam menyukseskan Pilkada di Kabupaten Manggarai.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai bentuk menyelamatkan hak pilih, khususnya hak pilih pemilih pemula.

“Sehingga kami pilih SMA sebagai lokus kegiatan dan materinya lebih fokus pada pemilih,” ujar Abin.

Sementara itu Koordinator Divisi Hukum Lucius Proja Moa mengatakan, dengan adanya sosialisasi ini, pelajar SMA bisa berperan dalam mengawasi dan meneruskan informasi mengenai sosialisasi pengawasan pemilu kepada masyarakat dan pemilih pemula.

BACA JUGA : Polisi Tangkap Pelaku Pencurian Kreatif Mart di Belu Perbatasan RI-RDTL

BACA JUGA : Unit Tipikor Polres Belu Panggil PPK dan Kontraktor Proyek Pengadaan Maek Bako, Ada Apa?

BACA JUGA : Eni Anggrek Heran Warga Kabupaten Alor Sering Alami Kelangkaan Minyak Tanah

“Dengan hadirnya kami ke sekolah-sekolah, kami berharap masyarakat secara khusus pelajar bisa menjadi perpanjangan lembaga pengawasan dalam meneruskan informasi sosialisasi pengawasan pemilu kepada masyarakat dan peserta sebagai pemilih pemula agar selain gunakan hal pilih, ikut serta dalam mengawasi pemilu,” tukas Lucian Moa.

Pantauan media ini, Panwascam Ruteng mengajak para pelajar untuk berpartisipasi aktif dalam mengawasi perhelatan Pilkada Manggarai 2020. Diharapkan menghadirkan pemilu yang demokratis dan terpenuhi asas jujur dan adil.

Untuk diketahui, siswa-siswi di dua sekolah sekitar 200 orang juga mendapat pembekalan berkaitan dengan tahap penyelenggaraan Pilkada tahun 2020.

Pelajar yang didominasi pemilih pemula sangat antusias menggali informasi saat mengikuti kegiatan dan aktif  memberikan pertanyaan dan tanggapan dalam sesi tanya jawab.

Ketiga Panwascam yang hadir: Inovensius  Abin Koordinator Divisi OSDM, Lucius Proja Moa Koordinator Divisi Hukum, Pelanggaran dan Penyelesain Sengketa dan Silviana Mulyani Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga.(mar/TIMOR DAILY/TIMORDAILY)

Editor : Gusti Arakat

Leave a Reply