Pilkada Malaka 2020 – Stef Bria Seran dan Wande Taolin Dapat Rekomendasi dari Nasdem NTT

0
515
Pilkada Malaka 2020 - Stef Bria Seran dan Wande Taolin Dapat Rekomendasi dari Nasdem NTT
Partai Nasdem

TIMORDAILY.COM, KUPANG – Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran dan Wandelinus Taolin (SBS-WT) mendapat rekomendasi dari Partai Nasdem Provinsi NTT untuk maju dalam Pilkada Malaka 2020 mendatang.

Pasangan SBS-WT merupakan satu dari lima pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan mengikuti Pilkada di enam kabupaten pada tahun 2020.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPW Partai NasDem NTT, Drs. Alaxander Ena, M.Si, Minggu (19/1/2020) mengatakan, DPW Partai NasDem NTT merekomendasi bakal calon (balon) kepala daerah dan wakil kepala daerah di enam kabupaten. Sementara tiga kabupaten lainnya, masih dalam proses konsolidasi.

BACA JUGA : Kadis Perdagin Belu Akui Kepala BP4D Belu ke Belanda Pakai Dana Rp 100 Juta dari Dinasnya

BACA JUGA : Tanyakan Surat Tilang, Ketua PMKRI Dianiaya Oknum Polantas Kota Kupang

BACA JUGA : 780 Buruh Kelapa Sawit Asal NTT di Kalimantan Timur Mogok Masal, ini Permintaan Kepada Polri dan Menaker

Sembilan kabupaten di NTT yang akan menggelar pilkada serentak tahun 2020, yakni Kabupaten Belu, Malaka, TTU, Sabu Raijua, Manggarai, Manggarai Barat, Ngada, Sumba Timur dan Sumba Barat.

Menurut Alexander, dari sembilan kabupaten itu, DPW NasDem telah merekomendasi balon bupati dan wakil bupati di enam kabupaten.

“Kami sudah buat rekomendasi balon kepala daerah dan wakil kepala daerah di enam kabupaten. Rekomendasi itu, dihasilkan dalam rakor pleno DPW NasDem NTT beberapa waktu lalu,” kata Alex, sapaan akrab Alexander seperti dilansir poskupang.com.

Dijelaskan, bahwa berdasarkan Peraturan Organisasi (PO) Nomor 006-PO/DPP-NasDem/IX/2019 tentang Tata Cara Penjaringan, Verivikasi dan Penetapan Bakal Calon Kepala Daerah dan/atau Wakil Kepala Daerah tahun 2020 dan berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Pleno DPW Partai NasDem Provinsi NTT bersama Koordinator Pemenangan Wilayah Bali Nusa Tenggara , Julie Sutrisno Laiskodat pada tanggal 27 dan 30 Desember 2019 lalu, maka DPW Partai NasDem Provinsi NTT merekomendasi balon di enam kabupaten.

Ditanyai soal enam kabupaten itu, ia merincikan, Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Malaka, Sabu Raijua, Sumba Timur dan Kabupaten Ngada.

“Tiga kabupaten lain, yakni Sumba Barat, Belu dan TTU, saat ini sedang dalam proses konsolidasi. Konsolidasi kita lakukan dan juga komunikasi aktif baik, dengan balon maupun parpol lain,” jelasnya.

Dikatakan, tahapan yang sudah dilalui, adalah mulai dari pendaftaran, verifikasi paslon, presentasi visi misi dan survey.

Setelah survey, lanjutnya ,dilakukan hasil persentasi survey dilanjutkan rapat DPD, DPW dan korwil sehingga telah menetapkan balon dengan merekomendasikan ke DPP NasDem.

“Pleno yang kami lakukan ini berdasarkan hasil survey dan beberapa penilaian. Kami juga tetapkan paslon tunggal di setiap kabupaten,” ujarnya.

Alex mengakui, dalam PO memungkinkan untuk mengusulkan tiga pasangan calon, tetapi hasil rapat DPD,DPW dan Korwil, menyepakati agar merekomendasi palson yang sudah final.

Di Manggarai Barat, NasDem memutuskan mengusung Edistasius Endi dan dr. Yulianus Weng. Alasannya, sesuai hasil survey Endi tinggi atau diurutan pertama, kemudian diikuti Maria Geong.

Sedangkan untuk Kabupaten Manggarai, Partai NasDem juga mendukung calon incumbent, untuk jilid dua, yakni Deno Kamelus- Viktor Madur.

“Kabupaten Ngada, kami menetapkan balon tunggal, yakni Helmut Waso-Kornelis Soi,S.H yang diusung oleh NasDem Perindo dan PDIP. Namun, yang baru pasti adalah Perindo sedangkan PDIP masih kita membangun komunikasi, sebab ada isu bahwa kita mau NasDem semua, tapi itu tidak benar, kita sudah final dan berharap PDIP bergabung sehingga posisi PDIP di balon wakil bupati,” katanya.

Sementara itu, di Malaka, NasDem akan mengusung incumbent, yakni dr. Stef Bria Seran karena posisi survey Stef Bria Seran mencapai 78 persen. Bahkan, simulasi dengan siapapun angka survey tetap berkisar 72-78 persen dan apabila disandingkan dengan balon dari NasDem, maka, surveynya 78 persen.

Sedangkan di Kabupaten Sabu Raijua, Partai NasDem juga mendukung incumbent, yakni Nikodemus Rihi Heke – Yohanes Uly Kale . Paslon ini diusung partai koalisi antara NasDem dan PKB.

Selain itu, di Sumba Timur, NasDem mendukung penuh Kristofel Praing -David Melo Wadu.

“Pak Kristofel ini tidak mendaftar di DPD NasDem dan DPW NasDem tapi di DPP, ketika surveynya tinggi jika disandingkan dengan David Melo Wadu sehingga DPP memerintahkan kita mendukung tanpa syarat.

Jadi pak Kris dan pak David, kami dari Partai NasDem mendukung tanpa syarat, tapi lebih mementingkan kepentingan daerah yakni masyarakat Sumba Timur,” jelasnya.

Sementara untuk Kabupaten Sumba Barat, NasDem sudah menetapkan Agustinus Niga Dapawole – Marthen Ngailu Toni dan telah rekomendasi ke DPP. Namun, lanjutnya balin bupati ingin mengubah keputusan DPW untuk menggantikan wakil, yakni menggantikan Marthen dengan Oris Pandango.

“Kita lagi konsolidasi, karena balon Wakil Bupati yang saat ini juga incumbent adalah Ketua Dewan Pertimbangan Partai NasDem ,sedangkan Oris Pandango adalah Ketua DPD NasDem Sumba Barat.
Kemarin ibu korwil sudah minta Ketua DPW untuk konsolidasi soal kondisi ini,” ujarnya.

Khusus di TTU, hasil survey tertinggi adalah Gab Manek dan Kristina Muki, sementara keduanya tidak maju.

“Kita masih rekomendasi ke Ketua DPW NasDem untuk menentukan dengan harapan harus menang. Apalagi ini daerahnya,” kata Alex.

Data Balon yang akan diusung NasDem NTT :

  1. Kabupaten Manggarai Barat
    Pasangan Edistasius Endy, S.E – dr. Yulianus Weng
  2. Kabupaten Manggarai
    Pasangan Dr. Deno Kamilus, SH, MH – Viktor Madur
  3. Kabupaten Malaka
    Pasangan dr. Stefanus Bria Seran, MPH – Wandelinus Taolin
  4. Kabupaten Sabu Raijua
    Pasangan Nikodemus N Rihi Heke – Yohanis Uly Kale,
    AMD
  5. Kabupaten Sumba Timur
    Pasangan Kristofel A. Praing – David Melo Wadu
  6. Kabupaten Ngada,Pasangan Helmut Waso-Kornelis Soi,S.H

(poskupang/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat

Leave a Reply