Pilkada Malaka 2020 – Partai Kebangkitan Bangsa Resmi Buka Pendaftaran

0
48

TIMORDAILY.COM, MALAKA ~ Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), secara resmi  membuka pendaftaran  bagi  putra-putri terbaik untuk calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kabupaten Malaka  tahun  2020.

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa, Kabupaten Malaka resmi membuka pendaftaran dari tanggal 4 – 9 Oktober 2019.

Sekretaris Partai Kebangkitan Bangsa (PKB),  Hendrikus Fahik saat ditemui media ini,  Jumat (4/9/2019), di  Desa Bakiruk kecamatan Malaka tengah, mengatakan, pembukaan pendaftaran ini sesuai dengan peraturan PKPU nomor 15 tahun 2019 yang memuat tentang tahapan dalam Pilkada serentak tahun 2020.

“Tahapan pilkada sudah mulai, lalu partai politik menjadi salah satu instrumen demokrasi tentu mau tidak mau harus ambil bagian dalam momentum pilkada khususnya di Malaka,” ungkapnya.

Dirinya menegaskan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), mengikuti tahapan yang telah diamanatkan oleh undang – undang. Meskipun, hingga saat ini, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) belum mengeluarkan  Petunjuk Teknis (Juknis) nasional tentang mekanisme dan tahapan dalam pilkada.

“Pada kesempatan ini DPC PKB kabupaten Malaka, setelah berdiskusi dan memutuskan bahwa tahapan ini kita siapkan sambil menunggu juknis nasional dan kita membentuk desk pilkada dan kita menerima saja pendaftaran bakal calon Bupati dan calon Wakil Bupati. Untuk kelanjutan tahapannya, kita menunggu juknis nasional sudah ada yang pasti kita akan lakukan ke tahapan selanjutnya,” tandas Hendrikus.

Lanjutnya, sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) yang lama, dalam tahapannya, setelah diterima, akan diadakan musyawarah kebangkitan  dalam mendengar visi dan misi dari para bakal calon Bupati dan bakal calon Wakil Bupati.

“Musyawarah kebangkitan itu adalah sarana untuk bagi bakal calon itu menyampaikan program yang memuat dalam visi dan misi pada seluruh pengurus PAC se-kabupaten Malaka DPC dan simpatisan PKB,” sambung Hendrikus.

Dari hasil tersebut, PKB akan merekomendasikan ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW). Dan sebelum memulai pada tahap ini, pihak PBK akan menunggu Petunjuk Teknis (Juknis).

Desk Pilkada kabupaten Malaka 2020, Gabriel Yustus Seran, menjelaskan, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Malaka telah membentuk desk pilkada Malaka untuk proses penjaringan calon kepala daerah dan bakal calon kepala daerah.

“Selanjutnya kami menunggu Juknis dari DPP PKB untuk kita eksekusi. Dan apabila dalam proses penjaringan ini ada perubahan sesuai dengan juknis nasional tersebut, maka kita akan sampaikan kembali kepada bakal calon kepala daearah dan bakal calon wakil kepala daerah untuk memperbaiki nanti,” tandasnya.(Jes/TIMORDAILY.COM/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here