Pilkada Belu 2020 – Verifikasi Faktual Calon Perseorangan Paket Viva Mateke Ditunda

1
190

TIMORDAILY.COM, ATAMBUA-Pendemi Covid-19 yang menyebar ke seluruh Indonesia cukup berpengaruh pada kerja seluruh instansi.

Tak hanya sekolah yang diliburkan,  sistem perkuliahan online dan Home From Work bagi seluruh ASN, ternyata berdampak pula pada verifikasi faktual yang akan dilakukan Bawaslu Belu untuk calon perseorangan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Belu Andreas Parera yang dihubungi Timor Daily, Jumat (27/3/2020) via WhatsApp mengatakan, verifikasi faktual untuk calon perseorang ditunda, akibat virus corona yang melanda bangsa ini.

Menurutnya, penundaan tersebut  sesuai himbauan Pemerintah dan Surat Edaran KPU dan Bawaslu untuk mencegah penularan covid-19.

BACA JUGA : Kabar Tapal Batas- Cegah Penyebaran Covid-19, Satgas Pamtas RI-RDTL Gandeng Kodim 1605 dan Polres Belu Lakukan Penyemprotan Disinfektan

BACA JUGA : Cegah Penularan Covid-19, Kepala Imigrasi Atambua Awasi Kerja Staf Melalui Teleconference

BACA JUGA : Pandemi Covid19 – Delapan Orang yang Masuk Alor Melalui Lembata Dinyatakan Sehat

Dikatakannya,  akibat wabah virus corona, telah ada beberapa tahapan pilkada yang ditunda.

“Ada beberapa tahapan yang terjadi penundaan, yaitu tahapan verifikasi calon perorangan, pelantikan PPS dan coklit, penundaan masa kerja panitia ad hoc: PPK, PPS, Panwascam dan Pengawas Desa,” tulis Parera.

BACA JUGA : DPRD Belu Aprianus Hale Minta Pemda Serius Perhatikan APD dan Ruangan Isolasi di RSUD Atambua

BACA JUGA : Ketua kelompok Tani Suka Maju Ungkap Jagung di Lakekun Utara Malaka Bukan Program RPM

BACA JUGA : Mengenal Istilah-istilah Terkait Corona Virus Disease 2019

Parera menjelaskan,  verifikasi faktual (Verfak)  terhadap calon perseorangan,  harusnya pada 26 Maret-15 April 2020. Untuk kejelasan waktu,  kata Parera,  menunggu informasi dari KPU.

Parera mengungkapkan,  Bawaslu bekerja sesuai dengan himbauan Pemerintah, Surat Edaran KPU dan pihaknya belum melakukan penundaan Pilkada.(ito/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat