Pilkada Belu 2020 – Butuh 13.400 Dukungan Untuk Calon Bupati dan Wakil Bupati Jalur Independen

0
105
Pilkada Belu 2020 - Butuh 13.400 Dukungan untuk Calon Bupati dan Wakil Bupati Jalur Independen
Ilustrasi Pilkada

TIMORDAILY.COM, ATAMBUA – Dalam hajatan Pilkada Belu tahun 2020, terbuka peluang bagi bakal calon selain melalui pintu partai politik (parpol), juga bisa melalui jalur perseorangan atau jalur independen.

Untuk bisa menjadi calon dari jalur independen, pasangan bakal calon harus mengantongi sedikitnya 13.400 dukungan melalui KTP elektronik.

“Terkait dengan Calon Bupati dan Wakil Bupati Belu yang hendak mengunakan Jalur Perseorangan, menurut Regulasi yang ada itu 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yaitu 13. 400 sekian KTP Elektronik,” kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belu, Andreas Parera, saat ditemui TimorDaily.com, setelah mengikuti rapat koordinasi dengan Komisi 1 DPRD Belu, Selasa (5/2/2020) Siang.

BACA JUGA : Waktu Pelaksanaan Proyek Jalan Dalam Kota Atambua Berakhir 2019, Kontraktor Masih Kerja Hingga Februari 2020

BACA JUGA : Ternak Babi Milik Warga Kabupaten Belu Perbatasan RI-RDTL Mati, Begini Penjelasan Kadis Peternakan

BACA JUGA : Populasi Hama Ulat Serang Jagung Petani di Kabupaten Alor Menurun

Dijelaskannya, untuk jalur perseorangan harus sudah memasukkan syarat dukungan kepada KPU Belu berupa KTP elektronik untuk selanjutnya diverifikasi.

“Nanti akan dilakukan Verifikasi adminitrasinya, kalau benar dan cocok maka akan dilanjutkan dengan verifikasi faktual di lapangan. Kita hari ini lakukan rapat koordinasi dengan Komisi 1 DPRD Belu terkait dengan proses pengawasan kita,” urainya.

Mengenai persiapan Bawaslu menghadapi Pilkada Belu 2020, Andreas mengatakan pihaknya sudah melakukan perekrutan perangkat di panitia pengawasan tingkat kecamatan (Panwascam) juga staf sekretariat.

“Bulan februari – maret kita juga akan merekrut pengawas di tingkat desa dan kelurahan,” jelas Andreas.

Saat ini, pihaknya saat ini juga, sedang melakukan pengawasan terhadap perekrutan PPK oleh KPU Belu untuk 12 kecamatan, juga sedang melaksanakan pengawasan terhadap keterlibatan ASN aktif dalam pilkada ini. (ito/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Laporan Wartawan : Oktofianus Fatin

Editor : Gusti Arakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here