Pertama Digelar, Camat ABAL Himbau Semua Warga Sukseskan Festival Al-Qur’an Tua

0
33
Pertama Digelar, Camat ABAL Himbau Semua Warga Sukseskan Festival Al-Qur'an Tua
Camat Alor Barat Laut (ABAL), Debrina Lelang, SE.

TIMORDAILY.COM, ALOR-Camat Alor Barat Laut (ABAL), Kabupaten Alor, Debrina Lelang, SE menghimbau semua warga masyarakat di Kecamatan tersebut untuk mensukseskan kegiatan Festival Al-Qur’an Tua yang akan digelar pada akhir Juli 2020 nanti.

Warga diharapkan terlibat penuh, sebab situs Al-Qur’an Tua ini dalam sejarah baru pertama kali difestivalkan

Debrina kepada Wartawan di Kokar, Ibu Kota Kecamatan ABAL, pada Rabu (24/6/2020) mengatakan, dirinya merasa bangga dengan ide untuk digelar kegiatan festival tersebut, sebab kegiatan ini memiliki pesan religius dan adatiah (budaya) yang sangat kuat.

Oleh karena itu, ungkap Debrina, masyarakat kecamatan ABAL sebagai tuan rumah harus terlibat untuk mensukseskan kegiatan festival tersebut.

BACA JUGA : Festival Al-Qur’An Tua dan Festival Dugong di Alor Segera Digelar

BACA JUGA : Festival Al-Qur’an Tua dan Lamaholot di Alor Ditunda Akibat Pandemi Covid-19

BACA JUGA : Menyongsong Hari Bhayangkara Ke-74, Polres Alor Sumbang Darah

Debrina mengajak semua masyarakat untuk bhakti bersama di lokasi festival berlangsung maupun sejumlah titik lintasan masyarakat dengan membersihkan lingkungan, terutama menjaga agar laut dan pantai dalam keadaan bersih. Lokasi kegiatan ini nanti diawali dengan penjemputan di pinggir pantai Desa Alor Besar melalui prosesi laut yang melibatkan sekitar 50 perahu.

“Memang kami sudah memulai dengan membersihkan pantai dan laut dari sampah yang ada, namun perlu ada polesan lagi sehingga kesannya lebih rapih dan indah,” Debrina menandaskan.

Debrina melanjutkan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan daerah, sehingga secara moril semua pihak patut mensukseskan, sebab dengan kegiatan besar tersebut akan lebih memperkenalkan Alor Barat Laut.

“Saya patut menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten dan Propinsi dengan menggelar festival tersebut. Ini merupakan pertama kali dan sejarah akan mencatatnya,” ungkap

Debrina sambil mengatakan dirinya merasa bersyukur karena kegiatan ini digelar di masa dirinya memimpin Kecamatan tersebut.

Debrina menambahkan, kegiatan ini akan melibatkan banyak orang dan waktunya masih dalam masa new normal, sehingga kegiatan tersebut akan tetap menjaga protokol kesehatan.

BACA JUGA : Presiden Jokowi Dikabarkan Meresmikan Bandara Kabir-Alor

BACA JUGA : Marianus Kaat “Membuka Diri” Bertarung di Pilkada Alor

BACA JUGA : Camat ABAL Minta Penenun Manfaatkan Gedung Sentra Tenun di Sabanjar

Ditanya soal rencana festival tersebut akan dibuka Gubernur NTT, Debrina mengatakan, informasi yang didengarnya seperti itu, namun untuk agenda kegiatannya diatur oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Alor karena merupakan program kegiatan dari Dinas tersebut.

Untuk diketahui data yang dihimpun Timor Daily, festival ini sebelumnya oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Alor akan menggelarnya pada awal bulan Juni 2020, kemudian ditunda tanggal 11 Juli 2020 nanti, namun informasi terakhir kegiatan ini digeser lagi ke akhir Juli 2020.

Kegiatan ini cukup menarik karena akan di gelar sejumlah agenda kegiatan berkaitan sejarah masuknya Al-Qur’an Tua, seperti napak tilas, tuturan adat, dan pameran peradaban Islam.(osm/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat