Pemuda Faturika Nilai Kades Bene Ulu Ingkar Janji

0
73
Masyarakat Faturika Belum Terima BLT, Ini Penjelasan Kades Bene Ulu.
Kepala Desa Faturika, Bene Ulu (tengah) saat berada di Kantor Desa Faturika, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu.

TIMORDAILY.COM, ATAMBUA-Natus Lau, salah satu pemuda Desa Faturika menilai Kepala Desa Bene Ulu mengingkari janji.

Kepada TimorDaily.com, Rabu (3/6/2020), Natus mengatakan Kepala Desa Faturika, Bene Ulu telah berjanji kepada masyarakat untuk membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada bulan Mei, sesuai berita yang ia baca di media online TimorDaily.com pada Sabtu (23/5/2020).

Janji Kades Bene Ulu, ungkap Natus bahwa dana BLT belum terkirim ke rekening desa. Namun, ia akan berusaha secepatnya dalam bulan Mei untuk membagikan BLT kepada masyarakat.

“Seharusnya dapat dibagikan dari bulan April. Namun Desa Faturika sampai saat ini belum bergerak juga. Hal ini saya curiga Kades sedang bermanipulasi data,” tandasnya.

BACA JUGA : Lagi, Polres Malaka Tak Menghadiri Sidang Praperadilan di PN Atambua

BACA JUGA : New Normal Tetap Disiplin, Tertib dan Teratur Protokoler Kesehatan

BACA JUGA : Bejat, Seorang Ayah di Lipa-Kalabahi Perkosa Anak Kandungnya

Natus menuturkan, sebagai pemimpin harus tepati janji dan jangan permainkan masyarakat kecil. Apalagi dana BLT ini merupakan bantuan pemerintah kepada masyarakat terdampak Covid-19.

“Kami ini orang tidak sekolah tetapi pemerintah perlu netral dan memberikan bantuan itu tepat pada sasaran bukan untuk balas jasa,” tuturnya.

Untuk diketahui, hingga berita ini dirilis,  Kades Faturika Bene Ulu belum berhasil dihubungi TimorDaily.com.

Sebelumnya diberitakan, Bantuan Langsung Tunai (BLT) merupakan program pemerintah untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19.

Beberapa desa di Kabupaten Belu telah membagikan BLT kepada masyarakat. Hal ini yang membuat warga Faturika mempertanyakan kejelasan kapan pembagian BLT di Desa Faturika.

Kepala Desa Faturika, Bene Ulu yang ditemui TimorDaily.com, Sabtu (23/5/2020) di Kantor Desa Faturika membeberkan alasan mengapa BLT belum dibagikan kepada masyarakat.

Menurut Bene Ulu, hingga saat ini dana BLT belum terkirim ke rekening desa. Hal ini yang menjadi alasan mengapa warga Faturika belum menerima BLT.

BACA JUGA : Cegah Covid-19, Remaja Wetear Community Perbatasan RI-RDTL Bagi Masker Gratis

BACA JUGA : Diduga Kades Duakoran Minta Masyarakat Kumpul Seekor Ayam Sebelum Terima BLT

BACA JUGA : Akibat Virus Corona, Angka Pengangguran di Amerika Pecah Rekor Tembus 14,7 Persen

Kades Bene Ulu menandaskan, dirinya bersama Bendahara Desa akan pergi ke Dinas Sosial pada Senin (25/5/2020) untuk mempercepat proses pembagian BLT kepada masyarakat.

“Saya berjanji apabila dana tersebut sudah dikirim ke rekening desa maka saya bersama Bupati Belu,TNI atau Babinsa untuk membagikan BLT ke masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” tandas Kades Faturika.

Bene Ulu menegaskan, yang telah terdaftar dalam PKH, PNS, Teko dan aparat desa tidak berhak menerima BLT. Untuk mengantisipasi ini, pihaknya akan melakukan pengecekan data.

Menyinggung sosialisasi pencegahan Covid-19 di Desa Faturika, Kades Bene Ulu menjelaskan, dalam pemerintah desa terdapat Kepala Dusun, RT dan RW seharusnya berperan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat.

BACA JUGA : Resmi, Dana BLT Diperpanjang Selama 6 Bulan

BACA JUGA : Sambangi Gubuk Reot Nenek Yuliana, Bupati Belu Willy Lay Janji Akan Bedah Rumah

BACA JUGA : Pandemi Covid-19, Polres Alor Buka Pengaduan Penyaluran Bantuan Sosial

Kades Bene Ulu menuturkan, berkaitan dengan pencegahan Covid-19 ini telah ada informasi kepada semua dusun untuk membangun posko di pintu masuk desa. Namun, saat ini cuaca tidak mendukung sehingga akan didiskusikan bersama.

Bene Ulu juga menghimbau kepada pemuda Faturika agar bergandengan dengan masyarakat, pemerintah untuk bersama membangun desa.(veg/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat