Pemkab Alokasikan Dana Pengamanan Pilkada 2020 Untuk Polres Belu dan Kodim 1605/Belu

0
81

TIMORDAILY.COM, ATAMBUA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu melakukan penandanganan Naskah Persetujuan Hibah Daerah (NPHD) bersama Polres Belu dan Kodim 1605/Belu terkait pengamanan Pilkada 2020 Kabupaten Belu, NTT, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL.

Dalam penandatangan oleh Bupati Willybrodus Lay dan Kapolres Belu, AKBP Cliffry Lapian, Senin (17/2/2020) kemarin dihibahkan dana pengamanan Pilkada Belu 2020 senilai Rp 4,2 miliar.

Sementara untuk Kodim 1605/Belu dalam penandatangan NPHD oleh Bupati Willybrodus Lay dan Dandim 1605/Belu Letkol Inf. Ari Dwi Nugroho, Selasa (18/2) diserahkan anggaran pengamanan Pilkada Belu senilai Rp 800.000.000.

BACA JUGA : Awasi Pilkada, Panwascam Kota Atambua Seleksi PPL

BACA JUGA : Demam Berdarah Dengue di Alor Terus Mengancam, Kembali Merenggut 1 Jiwa

Kapolres Belu AKBP Cliffry S. Lapian mengatakan kondisi di wilayah Belu sejauh ini cukup kondusif. Kendati ada beberapa kasus yang sifatnya konvensional yang masih terjadi, namun dengan keterbatasan personel pihak masih mampu kendalikan.

“Untuk saat ini situasi keseluruhan di perbatasan Belu masih aman, terkendali dan kondusif,” sebut dia.

Cliffry berharap, seluruh pihak unsur elemen tetap bersinergi dan bekerja sama dalam Pilkada, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan tahapan proses Pilkada Belu berjalan aman dan suskes.

Dandim 1605/Belu, Letkol (Inf) Ari Dwi Nugroho mengapresiasi dukungan Pemerintah Kabupaten Belu yang sudah memberi dana hibah untuk pengamanan Pilkada Belu September 2020 akan datang.

Pemkab Alokasikan Dana Pengamanan Pilkada 2020 Untuk Polres Belu dan Kodim 1605/Belu
Penandatanganan NPHD di ruang rapat Bupati Belu, Selasa (18/2/2020)

Nugroho juga menyampaikan terima kasih kepada DPRD Kabupaten Belu yang telah menetapkan anggaran untuk Kodim 1605/Belu. Dana akan dipergunakan sebaik-baiknya sesuai dengan rancangan pemanfaatan anggaran.

“Meliputi empat tahapan, yakni perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan tahap akhir,” ujar dia.

Lanjut Nugroho, aparat keamanan biasanya melaksanakan tugas pengamanan tidak hanya berakhir pada pleno penetapan calon tetapi juga tahapan selanjutnya masih mejadi tugas aparat keamanan seperti pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih bahkan sampai acara syukuran.

Diharapkan, Pilkada bisa berjalan dengan aman dan kondusif sehingga Belu bisa mendapat pemimpin yang bekerja untuk masyarakat Belu seluruhnya.

BACA JUGA : Janji Perbaikan Jalan Provinsi di Alor Menjadi Nyata

BACA JUGA : Warga Belu Perbatasan RI-RDTL Kibarkan Bendera Setengah Tiang Sambut Pemulangan Jenazah Praka Yanuarius 

Bupati Willy Lay menuturkan, nilai dana yang dihibahkan Pemkab Belu tersebut sudah sesuai dengan kesepakatan bersama dan disetujui oleh DPRD Kabupaten Belu, dan merupakan kewajiban Pemerintah Daerah untuk mendukung Forkompimda dalam hal ini Polres dan Kodim selama menjalankan tugas pengamanan Pilkada.

Ditambahkan Plh Sekda Belu, Marsel Mau Meta, dukungan dana pengamanan Pilkada Belu 2020 dari Pemkab Belu untuk Polres Belu dan Kodim 1605/Belu sangat penting, dan dapat melakukan pengamanan Pilkada sesuai protap agar tahapan Pilkada berlangsung aman dan lancar.

Diharapkan, dengan anggaran yang gelontorkan Pemkab Belu seluruh proses Pilkada mulai dari tahapan awal sampai dengan akhir berjalan kondusif dan sukses.

Untuk diketahui, selain teken NPHD Pemkab bersama Polri dan TNI dilakukan juga penandatangan NHPD Pemkab bersama KPU dan Bawaslu Belu. (Advetorial Pemkab Belu/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Yan Bau

 

Leave a Reply