Miss Global NTT 2019 Hadiri Peluncuran Buku Pena Batas RI-RDTL, Begini Kesan Virani Seran

0
101
Miss Global NTT Hadiri Peluncuran Buku Pena Batas RI-RDTL, Begini Kesan Virani Seran
Miss Global NTT 2019 Virani Seran bersama anggota Pena Batas RI-RDTL saat peluncuran buku, Jumat 31 Januari 2020

TIMORDAILY.COM, ATAMBUA – Komunitas Persatuan Jurnalis Belu Perbatasan (Pena Batas) RI-RTDL menggelar peluncuran buku “Sumbang Gagas untuk Negeriku” buah karya para jurnalis yang bertugas di Kabupaten Belu pada Jumat (31/1/2020) lalu.

Buku ini merupakan karya perdana para jurnalis yang tergabung dalam Pena Batas dan dicetak di Gramedia Jakarta.

Hadir pada peluncuran buku ini Wakil Bupati Belu, JT. Ose Luan dan sejumlah pimpinan Forkopinda Kabupaten Belu serta elemen masyarakat lainnya.

Yang menarik adalah hadirnya salah satu putri terbaik asal Kabupaten Belu yakni Virginia Virani Seran yang adalah Miss Global NTT 2019.

Virani, demikian sapaannya tampil anggun mempesona dengan balutan paduan baju putih dan rok dari bahan kain bermotif asli Belu dan berbahan pewarna alami.

Sembari memegang buku Pena Batas, Virani sekali tersenyum manis kepada siapa saja yang memandang ke arahnya. Pun ketika diminta berfoto, Virani dengan senang hati melayaninya.

Miss Global NTT 2019, Virani Seran, foto FB Virani

BACA JUGA : Peluncuran Buku Sumbang Gagas untuk Negeriku, Wabup Belu Ose Luan Apresiasi Pena Batas RI-RDTL

BACA JUGA : Anggota Pena Batas RI-RDTL Menangi Lomba Jurnalistik KPK RI

BACA JUGA : Pena Batas Kecam Kekerasan Pejabat ASN Malaka Terhadap Wartawan RRI

Mengikuti acara peluncuran buku dari awal hingga acara berakhir, ternyata memiliki kesan tersendiri bagi Virani.

Baru-baru ini, Virani yang adalah tenaga Kontrak Pemda Belu ini melalui Inge Management dan Miss Global NTT 2019, mengungkapkan kesannya menghadiri acara tersebut.

Virani menyampaikan terimakasih karena diperkenankan hadir dalam acara tersebut. Baginya, ini sungguh suatu kehormatan sebagai Miss Global NTT 2019 dapat mendampingi Bapak Wakil Bupati Belu, Bapak Plt Sekda Belu, serta Jajaran TNI dan Polri Republik Indonesia serta elemen masyarakat lainnya.

“Sebagai seorang Millenials Belu saya sangat mengapresiasi para jurnalis Pena Batas RI-RDTL, yang telah merangkum apa yang menjadi pemikiran dan ide mereka dalam suatu buku, berisi kumpulan esai moral kemanusiaan dan refleksi pembangunan serta semua referensi sosial ekonomi dan semua kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Miss Global NTT Hadiri Peluncuran Buku Pena Batas RI-RDTL, Begini Kesan Virani Seran
Virani Seran/Foto FB Virani

Virani mengaku sangat merasa luar biasa dan tersentuh dengan kisah di balik proses penulisan buku tersebut.

“Dan saya simpulkan bahwa untuk meraih mimpi tidak ada kata terlambat, walaupun dalam perjalanan banyak rintangan dan tantangan namun jika kita fokus pada apa yang kita impikan maka tidak ada yang tidak mungkin, dan tentunya semua itu dapat terjadi dengan penyertaan serta berkat dan Kuasa dari Tuhan dalam mewujudkannya,” ujarnya.

Virani berharap, para jurnalis di Pena Batas RI-RDTL tidak berhenti melahirkan karya-karya dalam bentuk buku agar memberikan kontribusi kepada masyarakat dan pemerintah daerah. Hal lainnya, agar menggugah lahirnya penulis-penulis baru dari kabupaten perbatasan ini.

“Seperti kita tahu Buku adalah Jendela Dunia, sehingga saya mengharapkan kedepannya ada lagi buku hasil karya dari para wartawan Pena Batas RI RDTL dan juga semua generasi milenials maupun masyarakat Belu dan NTT yang mempunyai kemampuan menulis, agar kita dapat memberitakan kepada seluruh dunia mengenai daerah kita dan perkembangannya.

Dan lahirnya para penulis baru yang dapat mengungkapkan gagasan positif serta berkontribusi bagi pembangunan khususnya Kabupaten Belu dan sekitarnya, serta mampu menulis suatu kebenaran dan membuat suatu perubahan yang dapat memotivasi orang lain,” urainya.

Tentang Miss Global NTT 2019

Tentang bagaimana perjalanan Virani, Gadis Kelahiran Wekatimun Atambua 22 Februari 1997 ini, Inge management mengakui  begitu banyak pertanyaan terlontar ketika mengetahui seorang Virginia Virani Seran,terpilih menjadi Miss Global NTT 2019 mewakili Propinsi NTT di ajang Miss Global Indonesia 2019.

Bermula dari keisengan Inge Management mendaftarkan Virani untuk ikut seleksi salah satu ajang pageant yang akan diadakan pada tahun 2019 lalu (Miss Global Indonesia 2019) dan setelah mengirimkan berbagai persyaratan dan melalui seleksi maka panitia dan Regional Director Miss Global Indonesia memutuskan Virani lolos seleksi tersebut.

Adapun seleksi tersebut terbuka secara umum dan dapat diikuti oleh siapa saja yang berminat dan tentunya memenuhi syarat.

Virani Seran

Virani dikukuhkan sebagai Miss Global NTT 2019 oleh Bapak Irfan dari Anjungan Nusantara yang merupakan Partner kerja Miss Global Indonesia pada tanggal 18 Oktober 2019 bertempat di Desa Dirun, Kabupaten Belu.

Dalam acara tersebut juga Virani menjalani proses meminta ijin dan restu leluhur dalam menjalankan tugas sebagai Miss Global NTT 2019, dan mendapatkan restu langsung dari para tetua adat Dirun.

Miss Global NTT juga mendapat dukungan moril dari Pemerintah Daerah Kabupaten Belu dalam hal ini Bapak Bupati dan Wakil Bupati, Sekda Belu, Ibu Ketua Dekranasda Belu , Dinas Pariwisata Belu , Dinas Kominfo Belu, Orang tua , keluarga, masyarakat serta Bagian Umum Kabupaten Belu tempat Virani bekerja dan juga teman media seperti Roy Teiseran Media Center serta Anak Timor Hitz.

Miss Global NTT mendapatkan full support dari Inge Management sebagai sponsor utama selama mengikuti kegiatan dan sesudahnya. Dalam ajang tersebut kami juga mendapat support dari Ibu Ketua Dekranasda Kabupaten Belu yang menyediakan semua bahan Tenun Tais Belu sebagai material utama dalam busana yang dikenakan Virani selama masa karantina dan beberapa kompetisi dalam ajang Miss Global Indonesia.

Busana yang dikenakan Virani hampir semuanya berbahan Tenun Tais Belu dan dirancang khusus oleh Designer Timor Leste Maun Rui Carvalho, sebagai bentuk persahabatan dengan Belu. Miss Global NTT juga mendapat dukungan dari Pemerintah Propinsi dalam hal ini Dinas Pariwisata dalam pembekalan materi pariwisata dan ekonomi kreatif. Virani mengikuti Karantina Miss Global Indonesia di Kota Solo, mulai tanggal 14 sampai 18 November 2019.

Kesan dan Pesan sebagai Miss Global NTT 2019

Virani tidak pernah menyangka terpilih sebagai Miss Global NTT 2019, namun dirinya Bersyukur dan merasa beruntung ketika dia diberikan kesempatan. Dan semua dijalaninya tanpa mengeluh meskipun kadang merasakan capek dan kesakitan dengan jadwal latihan dan persiapan yang ketat berjam-jam dan berhari-hari. Namun karena dukungan orang tua, Management dan semua tim yang terlibat membuatnya kuat dan bertekad terus belajar dan berjuang. Dirinya merasa bahwa apa yang dijalaninya merupakan pengalaman yang tidak dapat dibeli dengan uang, dan merupakan suatu kesempatan baginya yang mempunyai manfaat bagi kehidupannya dan merupakan motivasi bagi millenials lainnya.

Pesan Virani kepada teman-teman semua “JANGAN PERNAH TAKUT BERMIMPI” karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi hari esok, cukup menjalani hari dengan penuh rasa syukur, senantiasa Berdoa dan  bekerja keras serta tak berhenti belajar, maka Kesuksesan akan datang tanpa kita sadari, dan jangan pernah takut untuk memulai serta mencoba hal yang baru dan lawanlah ketakutan dan sugesti yang ada di dalam diri sendiri, dan senantiasa berada serta memilih lingkungan positif yang berpengaruh baik bagi masa depanmu. (*/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Leave a Reply