Menyongsong Hari Bhayangkara Ke-74, Polres Alor Sumbang Darah

0
29
Menyongsong Hari Bhayangkara Ke-74, Polres Alor Sumbang Darah
Kapolres Alor, AKBP. Dermawan Marpaung, SIK, MSi diperiksa suhu tubuh sebelum mendonorkan darahnya.

TIMORDAILY.COM, ALOR-Kepolisian Resort (Polres) Alor menyumbang darah ke Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Alor melalui kegiatan donor.

Tujuan kegiatan kemanusiaan tersebut selain menyumbangkan darah untuk menambah stok darah PMI yang sudah menipis, juga dalam rangka menyongsong Hari Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2020.

Kapolres Alor, AKBP. Dermawan Marpaung, SIK, MSi kepada media dalam keterangan persnya, Senin (22/6/2020), menjelaskan, kegiatan bakti sosial donor darah yang berlangsung di Kantor PMI Cabang Alor, pada pagi tadi tetap dengan menjaga protokol kesehatan.

BACA JUGA : Air Bersih Menjadi Keluhan Warga Kalabahi Dalam Reses Anggota DPRD Partai Berkarya

BACA JUGA : Bupati Alor Minta Kawal Dana Covid Rp 8,2 M, Begini Penjelasan Kadinkes

BACA JUGA : Kasus Dugaan Korupsi SMK Kayang-Alor, Tersangka Minta Perlindungan Hukum Kajari

Marpaung mengatakan, Anggota Polisi maupun Bhayangkari yang menyumbangkan darahnya, bukan saja hanya memeriksa kesehatan rutin untuk donor, tetapi petugas PMI juga menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan covid dengan pengecekan suhu tubuh.

Menurut Marpaung, jumlah Anggota Polisi dan Bhayangkari yang mendonorkan darahnya pada kegiatan tersebut sebanyak 21 orang, terdiri dari 17 anggota Polri, 1 dari Bhayangkari, dan 3 dari masyarakat.

Berkaitan dengan kegiatan donor darah Polres Alor ini, Kepala Markas PMI Cabang Alor, Semy Datemoli kepada Wartawan mengatakan, donor darah yang dilakukan terhadap anggota Polres dan Bhayangkari dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain mengukur suhu tubuh, petugas yang melakukan donor juga mengenakan APD.

Menurut Semy, sebanyak 21 orang yang bisa mendonorkan darahnya dari sekitar 70 orang dalam kegiatan tersebut setelah melewati tahapan pemeriksaan.

BACA JUGA : Marianus Kaat “Membuka Diri” Bertarung di Pilkada Alor

BACA JUGA : Festival Al-Qur’An Tua dan Festival Dugong di Alor Segera Digelar

BACA JUGA : Alor Bersih Corona, Kapolres Ingatkan Protokol Kesehatan

Hasil dari donor tersebut, Semy menyebutkan, terdiri dari Golongan Darah A sebanyak 5 kantong, Golongan Darah B 8 kantong, Golongan darah AB sebanyak 1 kantong, dan Golongan Darah O ada 7 kantong.

Semy mengungkapkan, dua puluh satu (21) kantong darah yang diperolah tersebut disimpan di bank darah Rumah Sakit Daerah (RSD) Kalabahi untuk kebutuhan masyarakat yang membutuhkan.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Polres Alor dan semua pihak yang telah mendonorkan darahnya, demikian pula petugas dari RSD Kalabahi unit transfusi dan PMI yang selalu melayani dalam kegiatan donor,” tandas Semy.(osm/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat