Menilik Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Dicoba dan Melegenda

0
212
Makanan khas Jogja (gudeg). Foto : Merdeka.com

TIMORDAILLY.COM, YOGYAKARTA– Dikenal sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia, Kota Yogyakarta mempunyai makanan khas yang telah melegenda dan wajib dicoba jika wisatawan yang datang.

Pasalnya, di Kota Yogyakarta tedapat berbagai makanan khas yang bervarisi yang membuat setiap pengunjung tak ingin melewatinya. Masyarakat Kota Yogyakarta sangat terkenal dengan keramahannya yang se-istimewa dengan nama daerahnya, Kota Istimewa.

Jika ingin berjalan-jalan di Kota Yogyakarta jangan lupa untuk berkunjung ke berbagai tempat wisata kuliner yang telah melegenda di Kota Yogyakarta.

 Gudeg Pawon 

Sumber Wikipedia

Gudeg pawon berlokasi di Jalan Janturan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Gudeg ini sudah berdiri sejak tahun 1958 dan masih menjadi favorit hingga sekarang ini. Meski banyak warung gudeg di Yogayakarta, gudeg pawon memiliki keunikan yaitu pembeli mengambil langsung dari pawon atau tungku untuk memasak yang berada di dapur.

Setiap hari warung gudeg ini tidak pernah sepi pembeli. Gudeg pawon mulai beroperasi pada pukul 22.30 WIB dan untuk menikmatinya kita hanya perlu merogoh kocek antara Rp 11 ribu – Rp.24 ribu

Sate Klathak

Dok. Istimewa

Sate klathak, sajian hidangan sate kambing khas Pleret Bantul. Berbeda dengan yang lain, sate ini hanya dibumbui dengan garam dan lada saja dan ditusuk menggunakan besi. Besi berfungsi sebagai konduktor yang membuat daging sate cepat empuk.

Kuliner ini cukup melegenda, tetapi sejak muncul di salah satu scene film AADC 2 sate klathak ini semakin dikenal oleh masyarakat luas. Sate klathak ini biasanya disantap menggunakan gulai yang gurih dan lezat. Kita akan menemukan banyak penjual sate klathak di daerah Bantul, seperti yang paling terkenal sate klathak pak Bri dan pak Pong. Harganya cukup terjangkau, berkisar antara Rp.20 ribu sampai Rp.25 ribu.

Mangun Lele Mbah Marto 

Sumber : Wikipedia

Mangut lele mbah Marto memang sudah melegenda sejak dahulu. Berdiri sejak tahun 1960-an warung mangut lele ini masih banyak dicari oleh wisatawan meski lokasinya berada di dalam perkampungan. Mangut lele merupakan sajian lele asap yang dimasak dengan kuah santan pedas. Lokasinya berada di Jalan Parangtritis km 6,5, Bantul. Harganya sekitar Rp.25 ribu per porsi.

Mie Lethek 

Dok. Istimewa

Mie lethek juga merupakan kuliner yang melegenda khas Bantul, Yogyakarta. Dinamakan mie lethek karena warna mie ini yang terlihat kotor dan tidak secerah mie pada umumnya. Mie lethek juga dimasak dengan bumbu jawa seperti bakmi, kita bisa menemukan banyak warung mie lethek di berbagai sudut kota Jogja.

Oseng Mercon 

Yutobe : ric snt

Oseng mercon yang paling terkenal adalah oseng mercon ‘Bu Narti’. Dikatakan mercon karena rasa pedasnya yang sangat menyengat seperti mercon. Oseng racikan bu Narti ini terdiri dari daging, kikil, gajih, kulit, dan tulang yang dimasak menggunakan cabai yang melimpah. Lokasinya ada di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan, Yogyakarta.

Kue Lipo 

Kue Kipo merupakan kue khas dari Kotagede, Yogyakarta. Memiliki warna kehijauan dengan tekstur yang kenyal dan memiliki isian berupa parutan kelapa dan gula jawa. Makanan ini termasuk makanan legendaris Jogja yang sudah jarang ditemui. Satu bungkus kue kipo isi 4 buah hanya dibanderol dengan harga Rp.2 ribu saja.

Soto Bathok 

Soto bathok, sensasi menyantap soto di dalam tempurung kelapa yang disebut dengan bathok. Seperti soto pada umumnya, kita bisa menikmati keunikan soto bathok ini dengan harga hanya Rp5 ribu per porsinya. Lokasinya berada di Jalan Candi Sambisari, Kalasan, Sleman. Setelah makan di tempat ini, kita bisa langsung mampir untuk berjalan-jalan di candi Prambanan.

Es Buah PK 

Sumber : brilio

Panasnya cuaca Jogja di siang hari membuat es buah PK menjadi kuliner yang cocok untuk dicoba saat cuaca sedang panas-panasnya. Es buah ini sudah ada sejak tahun 1973. Warung es buah ini selalu ramai dikunjungi pembeli setiap harinya. Seperti es buah pada umumnya, yang membedakan es buah PK memasukkan buah sawo di dalamnya yang membuat citarasanya semakin enak. Lokasinya berada di Jalan Pakuningratan Jetis Yogyakarta. Satu porsi es buah PK ini dihargai Rp.8 ribu saja.(Merdeka.com/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat

Leave a Reply