Kunjungi Belu Perbatasan RI-RDTL, Kasum TNI : Selain Tugas Pokok Lakukan Tugas Mulia Berdayakan Warga

0
70

TIMORDAILY.COM,ATAMBUA – Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Belu NTT wilayah perbatasan RI-RDTL, Jumat (13/3/2020).

Rombongan Kasum TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto menggunakan pesawat Wings Air yang tiba di bandara A. A Bere Tallo sekitar pukul 09.15 Wita disambut Dandim 1605/Belu, Letkol Inf. Ari Dwi Nugroho, Bupati Belu, Willy Lay, Bupati Malaka Stefanus Bria, Wakapolres Belu, Kompol Herman Bessie dan Kajari Belu Alfons L Mau.

Dalam kunker tersebut, Perwira Bintang Tiga bersama sejumlah jenderal TNI lainnya meninjau PLBN Mota’ain, kebun anggur Babinsa Silawan, Desa Silawan dan Pos Salore Desa Tulakadi, Kecamatan Tasifeto Timur.

Selesai Kasum TNI bersama rombongan kunjungi Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ di Umanen, Kecamatan Atambua Barat. Rombongan Kasum TNI disambut Dansatgas Yonif R 142/KJ Letkol Inf. Ikshanudin lanjutkan jajar kehormatan prajurit, penyambutan secara adat dantarian Likurai pelajar SD setempat.

Kasum TNI Letjen Joni dalam arahnnya meminta kepada prajurit selain melaksanakan tugas pokok menjaga wilayah kedaulatan NKRI, tapi juga melakukan tugas sampingan memberdayakan warga di wilayah perbatasan dengan Timor Leste.

“Prajurit lakukan tugas mulia berdayakan warga selain tugas pokok. Kita tahu banyak saudara kita yang masih membutuhkan uluran tangan,” ujar Joni.

Dikatakan, tujuh bulan telah melaksanakan tugas sebagai Satgas, dan sisa waktu tiga bulan kedepan lakukan tugas pembinaan teritorial secara baik yang berdampak dan bermanfaat bagi warga perbatasan.

“Sehingga saat kembali kalian punya memori, kurang tiga bulan bertugas manfaatkan sisa waktu yang ada secara baik. Lakukan tugas dengan baik,” pesan dia.

BACA JUGA : Pilkada Malaka 2020 – PSI Serahkan SK Dukungan untuk Paket Sakti

BACA : Kasus Bawang Merah Malaka – Herman Hery Minta Penyidik Polda NTT Telusuri Aliran Dana dan Seret Siapapun yang Terlibat

Tugas kamu prajurit jelas Kasum TNI, setiap hari bagaimana bersosialisasi dengan warga masyarakat. Turun ke warga setiap hari dan berdiskusi dengan mereka, apa kekurangannya dan apa kelebihanmu berbagi bersama.

“Lihat kelebihan yang dimiliki orang untuk melengkapi diri anda dan kelebihanmu dibagi menutup kekurangan warga di daerah penugasan,” ungkap dia

Masih menurut Kasum TNI, semua orang yang kamu temui akan kamu kenal. Kamu prajurit harus dekati warga, jangan menunggu warga yang mendekati. Kita prajurit harus ikuti irama setiap daerah bagaimana berdayakan warga di perbatasan guna meningkatkan kesejahtraraan ekonomi.

“Selain itu lakukan juga kegiatan menanam pohon karena itu bagian dari perbuatan mulia karena akan rindang dan bermanfaat pohon itu akan menampung air,” ingat Joni.

Ditambahkan, persoalan patok batas menjadi kendala karena sebagian patok telah rusak akibat kondisi alam. Untuk itu, diminta prajurit agar menanam pohon asam di titik patok batas, karena pohon asam itu kuat awet sampai sekian tahun.

Dia berharap, agar sebelum kembali dari daerah penugasan tetap pertahankan prestasi yang diperoleh selama bertugas, sehingga kedepan meninggalkan jejak yang baik.

“Libatkan warga dalam seluruh kegiatan. Lakukan hal yang bermanfaat selama bertugas menjaga wilayah perbatasan negara, sehingga nama satuan tetap harum dan terjaga,” akhir Kasum TNI dalam arahannya. (TIMORDAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Yan Bau

Leave a Reply