KPU Belu Beri Waktu untuk Paket Viva Mateke Lengkapi Berkas

0
48
Pilkada Belu 2020 - Vinsen Loe dan Arnaldo Tavares Mendaftar di KPU Melalui Jalur Perseorangan
Paket Viva Mateke resmi mendaftar di KPU Belu menjadi salah satu kontestan Pilkada Belu 2020/foto by Nandito Fatin/TIMORDAILY.COM

TIMORDAILY.COM, ATAMBUA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu beri waktu untuk Paket Viva Matene lengkap berkas bertarung di Pilkada Belu 2020.

Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, Vinsensius Loe-Arnoldus Da Silva Tavares yang maju di Pilkada Belu melalui jalur persorangan ini diketahui kekurangan berkas sebagai syarat untuk mengikuti pesta demokrasi di Kabupaten Belu.

“Tadi berdasarkan berita acara dan hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten untuk sementara belum memenuhi syarat, sehingga mereka kita beri waktu perbaikan di tanggal 25,26 dan 27 untuk melengkapi kekurangannya,” ujar Ketua KPU Belu, Mikhael Nahak kepada TimorDaily.com usai melakukan pleno terbuka dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Hotel Nusantara II Atambua, Selasa (21/7/2020).

BACA JUGA : Pilkada Belu 2020 – Verifikasi Faktual Calon Perseorangan Paket Viva Mateke Ditunda

BACA JUGA : Nasib Dua Caleg Demokrat Dapil IV Belum Bisa Dipastikan, KPU Belu Belum Tetapkan Jadwal Pleno

BACA JUGA : Pilkada Belu 2020 – Vinsen Loe dan Arnaldo Tavares Mendaftar di KPU Melalui Jalur Perseorangan

Mikhael Nahak yang akrab disapa Ical ini mengatakan, sebanyak 8.640 berkas dukungan kartu tanda penduduk (KTP) terhadap Paket Viva Mateke tidak memenuhi syarat. Sesuai aturan, ungkap Ical, calon independen harus melengkapi kekurangan tersebut dikali dua untuk lolos ke tahap berikutnya.

“Kekurangannya itu dikali dua sekitar 17-an ribu berkas dukungan yang perlu dilengkapi,” ujar Ical.

Ical menandaskan, untuk kepastian bakal calon perseorangan ini akan ditentukan pada tanggal 27 Juli 2020.

“Setelah tanggal 27 batas waktu yang kita tentukan kalau sesuai mereka bisa lengkapi 17-an ribu berkas sesuai persyaratan berarti kita akan lanjutkan ke tahap verifikasi faktual, kalau tidak, kita tidak bisa dilanjutkan lagi ke tahap berikutnya,” tandas Ical.(ino/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat