Kisruh Perangkat Desa Tialai, DPRD Belu Tegaskan Kades Pertahankan Perangkat Lama

0
73

TIMORDAILY.COM,ATAMBUA– Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat  Daerah (DPRD) Kabupaten Belu, NTT wilayah perbatasan RI-RDTL meminta Kepala Desa Tialai untuk tetap mempertahankan Perangkat Desa Tialai yang ada sebelum adanya Surat Keputusan baru.

“Komisi I merekomendasikan pada Bapak Desa agar perangkat Desa yang ada di kembalikan ke posisi mereka semulah,” ujar Ketua Komisi I DPRD Belu Benedictus Manek dalam pertemuan di ruang rapat Komisi, Kamis (6/2/2020).

Benny Manek mengatakan, agar dalam menjalankan Roda Pemerintahan Desa, Kepala Desa harus memposisikan diri sebagai orang tua yang bisa memberikan teladan yang baik kepada masyarakat.

“Kita sebagai kepala desa harus memberikan teladan yang baik untuk masyarakat bukan sebaliknya kita menjadi biang permasalahan. Kami dari komisi satu rekomendasikan perangkat desa yang ada agar di kembalikan ke posisinya semula,” tegas dia.

Selain itu,Theodorus Manehitu Djuang anggota Dewan mengatakan, agar Kepala Desa dalam memberhentikan perangkat desa harus melihat pada regulasi yang ada bukan atas kemauan dari kepala desa.

“Sesuai keluhan masyarakat kepala desa singgung soal yang tua harus diganti karena aturannya seperti itu. Aturan yang mana karena saya lihat di Perda No 11 Tahun 2016 bekerja maksimal bisa sampai 60 tahun, ini kepala Desa seperti hanya mengada-ada,” jelas Djuang.

Karena itu, ditegaskan agar kepala desa harus cermat dalam melihat aturan terkait pemberhentian kepala desa sehingga tidak menimbulkan kegaduhan.

BACA JUGA : Miss Global NTT 2019 Hadiri Peluncuran Buku Pena Batas RI-RDTL, Begini Kesan Virani Seran

BACA JUGA : Penambang Pasir di Alor Tewas Tertimbun Longsor

BACA JUGA : Tiga Ruas Jalan di Kelurahan Fatubenao Kota Atambua Segera Dikerjakan

Marthen Naibuti meminta agar Kepala Desa dalam membentuk Pansel Pemilihan perangkat Desa menunjuk Camat sebagai Ketua Pansel agar bisa terbebas dari unsur Nepotisme.

“Saya usulkan agar Bapak Camat jadi Ketua Pansel agar Pansel betul-betul bebas dari unsur lain yang dapat mengganggu Netralitas pansel,” ucap Naibuti.

Menyikapi itu, Kepala Desa Tialai Yosep Luan berjanji akan mengembalikan Perangkat Desa Tialai Kepada Posisi mereka semulah. “Ok saya akan kembalikan mereka pada posisi semula,” janji Luan.

Selain akan mengembalikan Perangkat Desa Tialai pada posisi mereka semulah, dikatakan juga saat ini telah di bentuk Pansel untuk menyeleksi masyarakat yang akan di jadikan perangkat desa

“Sesuai aturan saat ini kami sudah bentuk Pansel untuk merekrut perangkat desa dan saat ini Pansel sudah bekerja,” urai Luan.

Dikatakan, Pansel yang telah dibentuk akan terus bekerja untuk menyaring masyarakat desa yang akan di angkat menjadi Perangkat desa Tialai.

“Mereka saya kembalikan ke posisi semula, tapi Pansel yang sudah dibentuk akan terus bekerja sesuai aturan yang berlaku,” ungkap Luan Kepala Desa 3 Periode itu. (ino/TIMORDAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Yan Bau

Leave a Reply