Kades Renrua Erwin Bau Apresiasi Pemuda Belu di Pulau Jawa

0
65
Kepala Desa Renrua, Eduardus Kidamanto Bau. Foto : Istimewa

TIMORDAILY.COM, ATAMBUA-Kepala Desa Renrua, Eduardus Kidamanto Bau apresiasi warga Belu di pulau Jawa.

Pasalnya, berkat kerjasama dengan Ikatan Keluarga Belu di Malang dan Jogja serta Komunitas Buku Bagi NTT Regio Malang,  akhirnya niat untuk membuka Taman Baca di Renrua dapat terwujud.

Erduardus Kidamanto Bau yang akrab disapa Erwin Bau menandaskan, buku yang dikirim oleh para Pemuda Belu dari pulau Jawa sangat bermanfaat bagi anak-anak di desa, pemuda dan masyarakat.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Desa Renrua, saya sampaikan Terimakasih yang tak terhingga kepada IKABE karena dengan kerja keras yang tulus menyumbangkan buku bacaan bagi masyarakat Desa Renrua,” ujar Erwin Bau kepada TimorDaily.com, Jumat (15/5/2020).

BACA JUGA : Cegah Covid-19, Pedagang di Atambua Jualan di Tengah Jalan

BACA JUGA : Pemkab Belu Raih Peringkat Satu MCP dari KPK, Kepala Inspektorat Ungkap Strateginya

BACA JUGA : Diduga Lempar Rumah Mantan Istri, Ketua DPRD Belu Dipolisikan

Menurutnya, dengan membaca dapat menambah wawasan masyarakat Renrua, tentunya akan berdampak langsung pada pola pikir masyarakat.

Buku-buku yang dikirim dari pulau Jawa telah tiba di Desa Renrua, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu.
Buku-buku yang dikirim dari pulau Jawa telah tiba di Desa Renrua, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu.

“Harapan saya buku ini dapat manambah ilmu pengetahuan kepada masyarakat Desa Renrua,” tandasnya.

Erwin Bau menuturkan, dirinya merasa bangga dengan kaum muda yang peduli tentang setiap pembangunan di desa, terutama dalam pembangunan manusia.

Sebelumnya diberitakan, warga Belu di Kota Malang yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Belu (IKABE)  Malang jalin kerjasama dengan Komunitas Buku Bagi NTT (BBNTT) Regio Malang donasikan buku bacaan ke Desa Renrua, Kecamatan Raimanuk,  Kabupaten Belu, Selasa (28/4/2020).

Ketua IKABE Malang, Edel Soro kepada TimorDaily.com, Selasa (28/4/2020) malam, mengatakan, pengiriman buku ini adalah hasil kerjasama dari mahasiswa Belu yang berada di Malang, Jogja dan Komunitas Buku Bagi NTT Regio Malang.

Menurut Edel, mahasiswa Belu yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Belu (IKABE) Malang dan Ikatan Keluarga Belu (IKABE)  Yogyakarta mempunyai kepedulian untuk membangun Kabupaten Belu.

“Pengiriman buku ini adalah kerjasama antara IKABE Malang, IKABE Jogja dan Komunitas Buku Bagi NTT Regio Malang,” ujar Edel Soro kepada TimorDaily.com via WhatsApp, Selasa (28/4/2020).

Edel menandaskan, program ini telah dijalankan oleh IKABE Malang beberapa tahun lalu,  salah satunya pengiriman buku untuk rumah baca Lentera Desa Leuntolu, Kecamatan Raimanuk.

“Dulu kita sudah beberapa kali kirimkan buku ke rumah baca Lentera Desa Leuntolu. Untuk yang kali ini adalah kerjasama antara IKABE Jogja dan IKABE Malang,” jelasnya.

Edel mengungkapkan, IKABE Malang selalu berkontribusi untuk daerah melalui pengembangan literasi. Pasalnya,  saat ini pihaknya menjalin kerjasama dengan BBNTT Regio Malang untuk mendapatkan buku secara gratis tanpa biaya.

“Bersama komunitas Buku Bagi NTT Kami selalu siap mengirimkan buku. Namun sejauh ini tidak ada pihak yang menghubungi kami untuk mengirimkan buku kepada mereka, terutama pemuda,” pungkas Edel.

Terpisah, Koordinator Buku Bagi NTT Regio Malang, Frater Kardi Nong yang dikonfirmasi TimorDaily.com via WhatsApp, Selasa (28/4/2020) malam, mengatakan, Komunitas BBNTT digerakkan oleh kaum muda dari NTT yang merasa pentingnya melahirkan minat baca dan kegiatan literasi.

Frater Kardi menjelaskan, Komunitas Pegiat Literasi ini berdiri sejak tahun 2014 dengan motto “Satu Kampung Satu Rumah Baca”.

Menurutnya,  komunitas ini telah menyebar di sekitar 30 regional. BBNTT bekerja sama dengan pemuda-pemuda di daerah NTT untuk mengelola taman baca dan mendatangkan buku dari luar NTT.

“Fokus pada kegiatan menyumbangkan buku-buku yang layak untuk anak-anak di NTT. Di NTT ada teman-teman yang siap terima dan membuat taman atau rumah baca di setiap tempat,” tulis Frater Kardi kepada TimorDaily.com via WhatsApp, Selasa (28/4/2020).

BACA JUGA : Dugaan Pembocoran Data Nasabah BRI dan BNI Cabang Atambua,Tim Kuasa Hukum Lapor ke OJK dan Bank Indonesia

BACA JUGA : Erwin Bau Sosok Kades Muda yang Energik di Kabupaten Belu

BACA JUGA : IKABE Malang dan Komunitas Buku Bagi NTT Regio Malang Jalin Kerjasama Sumbang Buku ke Desa Renrua

Selaku Koordinator BBNTT Regio Malang,  Frater Kardi mengungkapkan, dirinya telah bekerja sama dengan para mahasiswa NTT yang sedang di Kota Malang untuk mencari buku-buku layak baca dan menyumbangkan ke taman baca di selurah Provinsi NTT.

“Ada teman-teman mahasiswa, mereka juga sambil kuliah juga membuka taman atau rumah baca di kampung asalnya,” tandasnya.

Frater Kardi berharap hadirnya Komunitas BBNTT ini dapat menggerakkan dan mendorong anak muda untuk peduli pada NTT,  terutama pada kemajuan pendidikan, mendorong minat baca dan menulis bagi anak-anak generasi penerus di NTT.

Untuk diketahui, Komunitas BBNTT dengan motto “Satu Kampung Satu Rumah Baca” telah tersebut di luar wilayah NTT. Seperti: Bali, Malang, Surabaya, Jogja, Semarang, Jakarta, Makasar, Bandung, Batam, Malaysia, Hingkong, Kalimantan Utara dan daerah lainnya.(gus/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat