Kabar Duka! Uskup Ethiopia Tutup Usia karena Virus Corona

0
301

TIMORDAILY.COM, LOMBARDY-Virus Corona atau Covid-19 telah menyebar ke seluruh negara-negara di dunia. Tercatat,  di Italia korban meninggal akibat pendemi virus corona terus mengalami peningkatan.

Tak hanya kaum awan,  kini terdapat seorang Uskup Italia yang diketahui meninggal akibat covid-19.

Dilansir iKatolik.com, Uskup Angelo Moreschi (67) sebagai uskup Katolik pertama yang diketahui meninggal akibat pendemi gobal, pada 25 Maret 2020.

Uskup Angelo merupakan, Vikariat Apostolik Ethiopia Gambella, sebuah wilayah misionaris yang terdiri dari 25.000 umat Katolik di bagian barat negara itu.

Dia meninggal hari Rabu di kota Italia Brescia, di wilayah Lombardy yang telah menjadi pusat pandemi Eropa.

BACA JUGA : RSUD Atambua Belum Punya APD Standar untuk Tangani Pasien Corona

BACA JUGA : Cegah Covid-19, Rumah Perubahan Dokter Agus Taolin Gandeng Golkar, Nasdem dan Gerindra Semprot Desinfektan

BACA JUGA : Update Covid-19 di NTT Kamis 26 Maret 2020 – ODP Bertambah Jadi 254 Orang, 221 Karantina Mandiri

Seorang anggota Salesian dari ordo religius Don Bosco, Moreschi telah menjadi misionaris di Ethiopia sejak 1991. Dia ditahbiskan sebagai uskup pada Januari 2010.

“Komunitas Salesian berduka atas kematian Vikaris Apostolik Gambella (Ethiopia), yaitu Msgr. Angelo Moreschi, SDB, yang meninggal hari ini, 25 Maret di Brescia (Italia) karena virus corona,” Salesian melansir CNA.

Sekretaris jenderal konferensi para uskup Ethiopia mengumumkan berita duka tersebut di negara itu, mengumumkan menyampaikan “belasungkawa mendalam kepada para Klerus, keluarga religius, yang berduka, dan umat beriman di Vikariat Apostolik Gambella.”

Kepada orang-orang yang berduka di Vikariat Gambella, para uskup negara itu menjanjikan “kedekatan dan doa-doa para anggota Konferensi Waligereja Katolik Ethiopia dan seluruh Gereja Katolik di Ethiopia. Semoga jiwanya istirahat dalam damai.”

BACA JUGA : Positif Corona Meningkat, Afrika Selatan Kunci Diri

BACA JUGA : Cegah Penyebaran Covid-19, Objek Wisata Pantai di Gunungkidul Ditutup

BACA JUGA : Cegah Covid-19, Sudan Bebaskan Ribuan Tahanan

Uskup Moreschi terkenal di Ethiopia karena pelayanan pastoralnya untuk melayani orang muda dan orang miskin. Dalam dialek lokal, ia diberi gelar “Abba,” yang berarti “Ayah.”

“Dalam misinya sebagai prefek dan kemudian sebagai vikaris apostolik, dia terus mewujudkan fokus Salesian dalam membantu anak-anak, menemani mereka dengan semangat praktis dan semangat kerasulannya yang kuat,” kata Salesian dari Don Bosco.

“Dalam kunjungannya ke desa-desa, mereka masih ingat ketika Salesian tiba dengan sebuah SUV usang – atau dengan perahu motor di desa-desa di sepanjang sungai Baro ketika jalan-jalan banjir – dan dia segera mulai membagikan biskuit multi-vitamin kepada anak-anak yang kekurangan gizi. ”

Uskup Moreschi meninggal “setelah melayani orang muda, orang miskin dan kawanan jiwanya sebagai Salesian selama 46 tahun, sebagai imam untuk 38 tahun, dan sebagai uskup selama lebih dari 10,” kata Salesian.

Lebih dari 60 imam telah tewas dalam pandemi coronavirus yang sedang berlangsung, yang telah menewaskan lebih dari 21.000 orang di seluruh dunia. Beberapa uskup telah tertular virus.(iKatolik/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat

Leave a Reply