Ingin Jenguk Nenek di TTU, Dua Warga Timor Leste Nekad Masuk Indonesia Tanpa Paspor

0
66
Ingin Jenguk Nenek di TTU, Dua Warga Timor Leste Nekad Masuk Indonesia Tanpa Paspor
Dua warga Timor Leste sedang jalani pemeriksaan cek kesehatan di Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Desa Naiola, Bikomi Selatan, Timor Tengah Utara (TTU)

TIMORDAILY.COM, ATAMBUA-Dua warga Timor Leste nekad melintas ke Indonesia melalui jalur ilegal, Selasa (5/5/2020).

Sesuai pengakuan, kedua WNA ini nekad ikut jalur ilegal di sekitar wilayah TPI Napan untuk jenguk neneknya di Konben,  Napan, Timur Tengah Utara.

Hal ini yang disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua, K.A. Halim kepada TimorDaily.Com via WhatsApp, Selasa (5/5/2020).

BACA JUGA : Cegah Covid-19, Kejaksaan Negeri Atambua Sidangkan 10 Kasus Secara Online

BACA JUGA : Imigrasi Atambua Perbatasan RI-RDTL Terima 2 WNA Asal Timor Leste dari Gugus Tugas TTU

BACA JUGA : Covid-19 di Timor Leste – Pemerintah Berlakukan Keadaan Darurat Nasional, 4 WNI Dikarantina di Hotel Audian

Halim mengatakan, lokasi tersebut tepatnya di Rusunawa Desa Naiola, Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Kedua WNA tersebut atas nama Arlindo Taec Coa (24) dan Marcelino Orlando Qefi (21) yang merupakan warga Oeccuse, Timor Leste.

Halim mengungkapkan, setelah mendapatkan informasi, Selasa (5/5/2020) pukul 10.00 Wita, Tim Inteldakim yang dipimpin oleh Kepala Seksi Inteldakim, Yehezkiel Djami bersama 3 orang staf langsung menuju lokasi. Dua WN Timor Leste tersebut telah berada di Rusunawa tempat karantina Pandemi Covid 19 Kabupaten TTU.

Tim tersebut langsung diterima oleh Yoseph Kuabib, selaku Asisten Tata Praja Setda Kabupaten TTU di Rusunawa.

“Setelah itu tim kemudian dipertemukan dengan Ibu Pauyulia Alfian T. Bani SST selaku Kepala Bidang Pelayanan Penunjang RSUD Kabupaten TTU yang menjadi penanggungjawab Rusunawa tersebut,” tulis Halim melalui WhatsApp.

BACA JUGA : Polres Belu Limpahkan Kasus WNA Asal China Bawa 229 Unit Iphone ke Bea Cukai Atambua

BACA JUGA : WNA Asal China Bawa Ratusan Handphone dari Timor Leste Diamankan Polisi di Bandara Haliwen Atambua Perbatasan Belu-RDTL

BACA JUGA : 20 Peneliti WNA Akan Lakukan Penelitian Situs Budaya di Desa Raifatus Perbatasan Belu-Timor Leste

Halim menandaskan, sebelum diadakankan serah terima, dua WNA tersebut telah menjalani pemeriksaan dan tidak menunjukkan gejala Covid 19.

“Setelah itu tim medis kembali memeriksa kedua orang WNA Timor Leste tersebut untuk memastikan bahwa keduanya sehat dan bisa dibawa ke Kantor Imigrasi Atambua,” jelasnya.

Usia diperiksa, kedua WNA asal Timor Leste tersebut langsung dibawa ke kantor Imigrasi Atambua guna melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan tiba di Atambua pada pukul 16.00  Wita.(Ito/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat