IMMALA Kupang Gelar LKTD Untuk 45 Kader

0
262

TIMORDAILY.COM, KUPANG – IMMALA Kupang menggelar kegiatan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) kepada 45 kader.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 29 November – 1 Desember 2019 di aula penginapan WIlMA II Penfui, dengan tema menyiapkan calon pemimpin yang unik (unggul, inovatif dan kreatif).

Ketua panitia Adrianus Seran dalam laporan panitia mengatakan, kepemimpinan merupakan motor atau daya penggerak dari semua sumber-sumber dan alat-alat yang tersedia bagi suatu organisasi.

Menurut Adrianus, identitas mahasiswa sebagai agent of change masih kental, dengan peran  mahasiswa sebagai ujung tombak mengelola bangsa ini. Lanjut Adrianus, karakter mahasiswa yang dibutuhkan bukan sekedar dalam bidang akademis.

“Saat ini karakter mahasiswa yang dibutuhkan adalah bukan sekedar mahasiswa yang pintar dalam akademisnya saja, tetapi juga harus pandai berbicara profesional kehidupan, kemudian senantiasa kontribusi terhadap lingkungan di sekitar khususnya di Kabupaten Malaka,” ujar Adrianus.

Ketua IMMALA Kupang, Marius Bisik Luan dalam sambutan mengatakan, geneasge milenial sebagai generasi luar biasa yang mampu menjadi pemimpin. Lanjut pemuda yang disapa Anton, namun tidak mudah mampu menjadi seorang pemimpin.

Menurutnya Anton, generasi muda sebagai generasi penerus yang memilik ide-ide berlian, suatu saat bisa menjadi pemimpin yang unggul.

“Sebagai orang muda harus betul-betul mempersiapkan diri baik dan harus banyak belajar agar bisa menjadi seorang pemimpin yang mampu memimpin diri sendri bahkan memimpin banyak orang,” jelas Anton.

Anton menegaskan, menjadi seorang pemimpi tentu bukanlah hal mudah yang harus diraih oleh setiap orang, oleh karena itu IMMALA kupang menyiapkan kegiatan latihan kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) ini untuk melatih kader-kader mudah Immala mempersiapkan diri menjadi kader yang unggul, menjadi kader yang diharapkan banyak orang.

Lanjutnya, mahasiswa kini sudah terlena dengan kemewahan dunia sehingga mahasiswa selalu apatis terhadap setiap fenomena yang terjadi di negeri ini.

“khususnya di kabupaten tercinta yaitu Kabupaten Malaka. Menjadi mahasiswa harus tanggap setiap persoalan-persoalan yang mana merugikan hak masyarakat banyak,” tegas Anton.

Anton berharap, dengan adanya LKTD ini, dapat melahirkan kader muda Malaka yang berkualitas. Sehingga IMMALA menyiapkan berbagai materi melauim Focus Grup Discusion (FGD).

“Kegiatan LKTD IMMALA kupang akan melatih kader-kadernya untuk menyiapkan diri secara utuh mengikuti LKTD ini sehingga kelak kader IMMALA menjadi garda untuk pembangunan Kabupaten Malaka,” pungkas Anton.

Mewakili OKP IMMALA Malang mantan ketua 2017/2018 AL, mengajak rekan-rekan IMMALA Kupang untuk terus menjalin hubungan yang baik sesama IMMALA agar sama – sama memperhatikan pembangunan Malaka.

“Kita sebagai mahadiswa malaka memiliki tanggungjawab besar terhadap kabupaten kita Malaka karena kita adalah putra/i Malaka,” ujarnya.

Mewakili senior, Sirilus Klau dalam sambutan mengatakan, menjadi pemimpin harus terlebih dahulu memimpin diri sendiri.

Ia menegaskan, seorang pemimpin harus selalu konsisten dengan waktu.

“Jadi seorang pemimpin tentu memiliki kekuarangan dan kelebihan akan tetapi menjadi seorang pemimpin yang profesional harus mengutamakan waktu,” ujar Klau.

Paulus Un yang mewakili orang tua Malaka, ia berharap agar LKTD berjalan sesuai dan IMMALA  Kupang tetap berjalan sesuai harapan masyarakat Kabupaten Malaka.

Untuk diketahui, kegiatan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) adalah salah satu kegiatan formal organisasi yg sudah ditetapkan dalam Garis-garis Besar Haluan Organisasi IMMALA Kupang yang wajib diikuti oleh setiap anggota IMMALA kupang sehingga anggota.

Latihan kepemimpinan tingkat dasar adalah kegiatan rutinitas yang disiapkan untuk memberikan pelatihan kepada kader-kader muda Malaka agar kelak bisa menjadi pemimpin yang unik (unggul, inovatif dan kreatif) dengan semangat fraternitas, kristianitas dan intelektualitas.(gus/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat