Enam Calon Sekda Alor Jalani Uji Kompetensi, 2 Anggota Pansel dari Kupang

0
172
Enam Calon Sekda Alor Jalani Uji Kompetensi, 2 Anggota Pansel dari Kupang
Ilustrasi Calon Sekda

TIMORDAILY.COM, ALOR – Enam orang calon Sekretaris Daerah (Sekda) Alor menjalani uji kompetensi sebagai salah satu syarat penilaian untuk menduduki jabatan strategis di tubuh birokrasi tersebut.

Uji kompetensi ini terdiri dari dua tahap, yakni uji kompetensi manajerial dan uji kompetensi bidang.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Alor, Soni Alelang kepada Timor Daily di Kantor Bupati Alor, Jumat (6/3/2020). Soni Alelang juga merupakan salah satu peserta calon sekda yang mengikuti test tersebut.

Alelang mengatakan, calon Sekda yang mengikuti seleksi ini ada 6 orang, yakni Kadis Kesehatan Kabupaten Alor, dr. Christine O.M.B. Laoemori, Penjabat Sekda Alor Yustus Dopong Abora, Kepala Dispenda Alor Terince Mabilehi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Alor, Alberth Ouwpoly, Kepala Dinas Informasi dan Telekomunikasi Propinsi NTT, Abraham Maulaka, dan Kepalan BKD Alor, Soni Alelang.

BACA JUGA : Penyidik Polda NTT Tetapkan 9 Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Bawang Merah Malaka, Tiga Langsung Ditahan

BACA JUGA : ASN Selingkuh di Kabupaten Alor, 1 Dipecat, 2 Dalam Proses Pengajuan

BACA JUGA : Anaknya Meninggal Saat Diasuh Saudara Suaminya, Paulina Malah Jadi Tersangka dan Ditahan Polisi

Sementara yang melakukan uji kompetensi ini, Alelang menyebutkan, sebanyak 5 orang sebagai panitia seleksi (Pansel). Dua Orangnya dari Kupang, dan tiganya dari Alor.

Dua dari Kupang, yakni Asisten II Pemerintah Propinsi NTT dan Fredik Bolang dari Akademisi Universitas Nusa Cendana (Undana).

Sedangkan 3 orang Pansel di Alor, yakni Asisten III Setda Alor dan dua orang independen, yakni Husein Tolang dan Yusak Tausbele.

Alelang melanjutkan, hasil kerja dari pansel ini akan menghasilkan 3 orang dengan nilai terbaik, kemudian hasil ini diajukan ke Bupati, dan Bupati melakukan koordinasi dengan Gubernur NTT.

“Bupati setelah melakukan koordinasi dengan Gubernur, kemudian mengambil keputusan. Jadwal kami, proses seleksi calon Sekda ini berjalan selama 1 bulan, dan targetnya tanggal 30 Maret 2020 ini sudah bisa dilakukan pelantikkan Sekda definitif,” ungkap Alelang.

Seperti yang disaksikan Timor Daily, uji kompetensi calon Sekda Alor yang berlangsung di Aula lantai I Kantor Bupati Alor berlangsung dari pagi hari, Jumat (6/3/2020).

Uji ini dilakukan oleh Pansel dengan cara panel. Uji ini berakhir sekitar pukul 15.00 WITA.(osm/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat