Corona Belum Berakhir, Virus Baru Ditemukan di China Berpotensi Jadi Pandemi

0
29
Corona Belum Berakhir, Virus Baru Ditemukan di China Berpotensi Jadi Pandemi
Ilmuwan China menemukan virus baru yang berpotensi jadi pandemi. Foto: AP

TIMORDAILY.COM, JAKARTA-Virus Corona belum berakhir, kini para Ilmuwan telah menemukan virus baru di China yang berpotensi jadi pandemi.

Virus baru diketahui dibawa oleh babi dan bisa terinfeksi ke manusia.

Dikhawatirkan, virus tersebut bisa bermutasi sehingga bisa menular dengan mudah dari orang ke orang. Jika itu terjadi, maka pandemi global bisa terjadi.

Meski dikatakan belum akan jadi masalah dalam waktu dekat, virus ini perlu dipantau dengan ketat. Imunitas manusia terhadap virus yang masih baru ini diyakini masih sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.

BACA JUGA : Sepanjang Bulan Juni, Penambahan Kasus Baru Covid-19 di Indonesia Hampir 30 Ribu

BACA JUGA : Wajah Baru Covid-19 di China, Lebih Lama Terdeteksi GeJala

BACA JUGA : Penelitian Terbaru, Setelah Sakit 11 Hari Covid-19 Tidak Menular

Virus yang oleh para ilmuwan disebut G4 EA H1N1 tersebut bisa tumbuh dan menggandakan diri di sel-sel saluran napas manusia.

Ilmuwan menemukan bukti infeksi baru-baru ini berawal pada orang-orang yang bekerja di industri dan rumah potong babi di China.

“Saat ini kita teralihkan oleh virus Corona dan memang demikian. Tapi kita tidak boleh abai dengan virus baru yang potensial berbahaya,” kata Prof Kin-Chow Chang dari Nottingham University, dikutip dari BBC, Selasa (30/6/2020).(BBC/Detik/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat