Bupati Belu Willy Lay Serahkan BLT kepada Masyarakat Desa Tasain

0
40
Bupati Belu Willy Lay Serahkan BLT DD untuk Masyarakat Desa Tasain
Bupati Belu, Willybrodus Lay saat membagikan Bantuan Langsung Tunai kepada masyarakat Tasain, Kecamatan Raimanuk, Rabu (20/5/2020).Foto: Marselino Kardoso/TIMORDAILY.COM

TIMORDAILY.COM, ATAMBUA-Bupati Belu Willybrodus Lay menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat Desa Tasain, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu, Rabu (20/5/2020).

Bantuan ini merupakan program pemerintah untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19 yang sedang mewabah.

Hadir saat itu, Kepala BP4D Kabupaten Belu, Florianus Nahak, Kadis PMD, Januaria Nona Alo, Kepala BRI Cabang Atambua, Stefanus Juarto, Camat Raimanuk Tarsisius Edi, Kabag Protokol Kristoforus M. Loe Mau dan Kepala Desa Tasain Amandus Koamesak.

BACA JUGA : Diterlantarkan Selama 21 Tahun, Warga Eks Timor Timur Ancam Mengadu ke Mahkamah Internasional

BACA JUGA : Tak Pakai Masker, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Belu Beri Sanksi Push Up

BACA JUGA : Mobil Buser Polres Belu Dihadang Massa di Pasar Baru Atambua, Ada Apa? 

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Tasain Amandus Koamesak kepada Bupati Belu menyampaikan jumlah penerima BLT DD di Desa Tasain Sebanyak 131. Namun demikian, menurutnya saat ini pemerintah desa masih terus melakukan pendataan terhadap masyarakat yang belum mendapatkan bantuan.

Kriteria penerima BLT DD, ungkap Kades Amandus tidak termasuk TNI, Polri, PNS dan masyarakat yang ekonominya telah membaik seperti pengusaha yang mempunyai mobil dan toko.

Sementara itu Kadis PMD Kepala Dinas PMD Kabupaten Belu, Januaria Nona Alo melaporkan penyaluran BLT Dana Desa di Kabupaten Belu sudah dimulai tanggal 1 Mei 2020 yang dimulai dari Desa Tialai.

Sampai dengan Rabu (20/5/2020), penyaluran BLT DD sudah 36 desa dari 69 desa di Kabupaten Belu.

BACA JUGA : Gali Informasi di WAG Pers & Polres Malaka, Wartawan ini Jadi Tersangka Pencemaran Nama Baik dan Diperiksa 4 Jam

BACA JUGA : Begini Nasib Mahasiswa Asal Flores Timur di Yogyakarta Saat Pandemi Covid-19

BACA JUGA : FMN Cabang Alor Dukung Masyarakat Adat Pubabu Rebut Tanah Ulayatnya

Jumlah KK penerima BLT DD di Kabupaten Belu sebanyak 9.650 KK yang tersebar di 69 desa dengan total anggaran sebesar Rp 14,9 M. Penyaluran terus berlanjut sampai selesai.

Sedangkan Bupati Belu dalam kesempatan itu mengatakan, dana bantuan yang disalurkan pemerintah kepada masyarakat harus diawasi baik oleh BPD dan masyarakat desa.

“BPD dan masyarakat harus mengawasi kepala desa. Sehingga uang yang mencapai 1 M lebih itu bisa mencapai 30 persen untuk bisa dibagikan untuk masyarakat,” tandas Willy Lay.

Selain itu untuk pembagian bantuan di Desa Tasain jelasnya, masyarakat tidak diberikan uang secara tunai. Masyarakat diberikan buku rekening dan ATM yang telah berisi nominal uang yang akan diterima.(ino/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat