Bupati Belu Akan Segera Lantik Kades Terpilih Rafae Hironimus Pareira

0
125
Bupati Belu Akan Segera Lantik Kades Terpilih Rafae Hironimus Pareira
Masyarakat Rafae saat berada di Gedung DPRD Belu, JUmat (9/7/2020). Foto: Marselino Kardoso/TIMORDAILY.COM

TIMORDAILY.COM, ATAMBUA-Bupati Belu akan segera melantik kepala desa terpilih Rafae, Hironimus Pareira.

Demikian disampaikan Plh Sekda Belu, Marsel Mau Meta saat menghadiri undangan klarifikasi oleh DPRD Belu terkait polemik yang terjadi di Desa Rafae, Jumat (10/7/2020).

Menurut Mau Meta, penyebab kepala desa terpilih belum dilantik karena ada beberapa berkas yang perlu dirapikan oleh pemerintah sebelum melantik Hironimus Pareira.

“Pada prinsipnya pemerintah belum lantik ini karena ada beberapa hal yang perlu dirapikan,” ungkap Mau Meta di hadapan ratusan masyarakat Desa Rafae yang hadir di Ruang sidang DPRD Belu.

Mau Meta menandaskan, pelantikan ini akan segera dijadwalkan sebelum peringatan hari kemerdekaan RI pada Agustus nanti.

BACA JUGA : Kades Terpilih Tak Kunjung Dilantik, Ratusan Masyarakat Desa Rafae Geruduk Lagi Kantor DPRD Belu

BACA JUGA : Wabup Belu Ose Luan Sebut Akan Ada Pencalonan Ulang Kades Rafae

BACA JUGA : Sengketa Pilkades Belum Usai, Wabup Belu Lantik Penjabat Desa Rafae

“Jika Tuhan berkenan, tidak terlalu lama pasti pak Roni sudah dilantik,” tandasnya.

Kabid Pemdes Kabupaten Belu, Marsel Koli dalam kesempatan itu menambahkan, polemik di Desa Rafae telah dikaji oleh Dinas PMD sesuai Undang-Undang. Hasil kajian tersebut telah diserahkan kepada Bupati dan Wakil Bupati Belu.

Marsel Koli menuturkan, pelantikan kades terpilih Rafae telah diputuskan bersama Sekda Belu, Bupati dan Wakil Bupati.

Sedangkan Wakil Ketua DPRD Belu, Cyprianus Temu meminta masyarakat Rafae untuk bersabar menunggu pelantikan kepala desa terpilih, Hironimus Pareira.

Politisi Nasdem ini berharap, hari ini menjadi keputusan tetap dan masyarakat Rafae tidak perlu mengadu lagi terkait polemik Pilkades di Rafae.

Hadir dalam Pertemuan bersama DPRD Belu, masyarakat Desa Rafae,Plt Sekda Belu Marsel Mau Meta, Kabid Pemdes Marsel Koli dan Pemerhati Demokrasi Arnoldus Lay.

BACA JUGA : Sengketa Pilkades Belum Usai, Wabup Belu Lantik Penjabat Desa Rafae

BACA JUGA : Tagih Janji Penyelesaian Sengketa Pilkades, Masyarakat Rafae Geruduk Lagi Kantor PMD Belu

BACA JUGA : Pilkades Serentak di Belu 2019 – Oknum Pol PP Batalkan Pleno Pilkades Rafae, Ini Tanggapan Kasat Pol PP

Sebelumnya, Wakil Bupati Belu, JT Ose Luan mengatakan akan ada pencalonan ulang kepala desa Rafae sesuai regulasi yang ada.

“Kalau Rafae nanti akan dilakukan pencalonan ulang sesuai dengan regulasi yang ada,” kata JT Ose Luan kepada TimorDaily.com, Selasa (7/7/2020) di halaman Kantor Bupati Belu.

Menurutnya, Desa Rafae yang pernah melakukan pemilihan kepala desa namun proses tidak sampai selesai. Jadi perlu dilakukan pencalonan ulang.

“Kalau pemilihan ulang tidak tepat, yang tepat pencalonan ulang sehingga prosesnya kembali dari awal dan siapa saja bisa berhak untuk mencalonkan diri lagi,” jelas Ose Luan.

Ose Luan menandaskan, Pilkades Rafae pada 16 Oktober 2019 belum diketahui siapa yang terpilih atau yang tidak terpilih. Pasalnya, belum ada tanda tangan panitia terkait calon yang menang.

Hingga berita ini dirilis, TimorDaily.com masih konfirmasi dengan Bupati Willy Lay, Wakil Bupati Belu JT Ose Luan terkait pernyataan Plh Sekda Belu, Marsel Mau Meta terkait pelantikan kades terpilih Hironimus Pareira dalam waktu dekat.(ino/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat