BRI Cabang Atambua Ajak Masyarakat Belu Berwirausaha

1
76
Kelapa Cabang BRI Atambua, Stefanus Juarto saat berada di ruangannya,

TIMORDAILY.COM, ATAMBUA-Untuk memajukan perekonomian dalam negeri, pemerintah memberikan kebijakan kredit atau pembiayaan kepada sektor usaha mikro,  kecil,  menengah sebagai Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hasil kerjasama dengan BRI KUR mematok suku bunga sebesar 6%.

Di Kabupaten Belu, program KUR sudah banyak dinikmati oleh masyarakat, terutama para pedagang yang berjualan di Pasar Baru Atambua.

“KUR ini memang banyak membantu terutama pedagang di pasar baru itu banyak yang ambil KUR ini,” ujar Kepala Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Atambua, Stefanus Juarto  di ruangannya kamis (27/03/2020).

BACA JUGA : Proyek Rp 4 Miliar Sudah PHO Belum Dibayar, Aris Bria Seran Datangi Polres Malaka

BACA JUGA : Cegah DBD dan Covid-19, Komunitas Kitapun Lakukan Bakti Kemanusiaan di Desa Jenilu Perbatasan RI-RDTL

BACA JUGA : Mahasiswa UKAW Kupang Gandeng Warga Oelbiteno Wujudkan Kedaulatan Pangan

Program KUR,  dijelaskannya, merupakan salah satu program pemerintah yang penyalurannya bekerjasama dengan BRI. Besar pinjaman, kata dia,  bisa 10 juta hingga 50 juta ataupun di atas 50 juta

“Kita ada dua segmen kantor; kantor cabang dan kantor pusat. Kalau pinjaman di atas 50 juta kita layani di sini,” kata Juarto.

Juarto mengungkapkan,  untuk mendapatkan dana KUR,  jaminan utama yang dimiliki masyarakat adalah usaha dan surat izin usaha serta jaminan tambahan BPKB mobil maupun sertifikat tanah.

“Terkait izin usaha, kalau belum punya izin usaha bisa minta di desa atau kelurahan,” jelasnya.

BACA JUGA : Anggota DPR dari PDI Perjuangan Jadi PDP dan Meninggal Dunia Usai Bagikan Masker

BACA JUGA : Mahasiswa UKAW Kupang Gandeng Warga Oelbiteno Wujudkan Kedaulatan Pangan

BACA JUGA : Kabar Tapal Batas- Cegah Penyebaran Covid-19, Satgas Pamtas RI-RDTL Gandeng Kodim 1605 dan Polres Belu Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Dikatakannya, besaran dana KUR yang diberikan sesuai dengan besar-kecil usaha yang miliki masyarakat.

Untuk masyarakat Kabupaten Belu yang ingi mendapatkan KUR, kata Juarto, bisa menyampampaikannya ke Agent Brilink yang ada di desanya atau bisa langsung datang ke kantor Pusat BRI.

“Agent Brilink kita ada di mana-mana, masyrakat yang ingin mendapatkan dana KUR bisa sampaikan saja ke Agent Brilink kita, sehingga bisa mendapatkan rekomendasi,” pungkasnya.

Juarto menambahkan,  setiap tahun selalu ada peningkatan. Peningkatan orang yang meminjam dan pengeluaran rupiah.(ino/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat