Barack Obama Sorot Penanganan Covid-19 di Amerika Serikat

0
38
Mantan Presiden Amerika, Barack Obama.
Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama saat berbicara di Obama Foundation di Malayasia, (13/12/2019). Foto: Vincent Thian/AP

TIMORDAILY.COM, WASHINGTON-Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama sorot penanganan Covid-19 di Negeri Paman Sam, Sabtu (18/5/2020).

Dalam pidato pada lulusan perguruan tinggi, yang disiarkan melalui media sosial, Obama mengungkapkan penanganan pandemi Covid-19, tanpa menyebut nama Donald Trump atau pejabat lainnya.

Melansir Sky News, Obama mengatakan kepada lulusan perguruan tinggi bahwa wabah Covid-19 menunjukkan banyak pejabat “bahkan tidak berpura-pura bertanggungjawab”.

Komentarnya dibuat selama Show Me Your Walk, Edisi HBCU, acara dua jam untuk perguruan tinggi dan universitas kulit hitam yang disiarkan di media sosial.

“Lebih dari segalanya, pandemi ini telah sepenuhnya, akhirnya merobohkan tirai pada gagasan bahwa begitu banyak orang yang bertanggung jawab tahu apa yang mereka lakukan,” kata Obama.

AS telah menjadi pusat global pandemi, dengan lebih dari 1,49 juta kasus yang dikonfirmasi dan lebih dari 89.000 kematian.

BACA JUGA : Menlu Iran Tegur Amerika Serikat untuk Tidak Kerahkan Angkatan ke Karibia

BACA JUGA : Amerika Serikat Sedang Merosot Menjadi Negara Gagal

BACA JUGA : Tanpa Alasan, Donald Trump Memecat Deplu Steve Linick

Presiden ke-44 mengucapkan selamat kepada para lulusan dan bersimpati pada mereka atas dunia yang sulit yang mereka hadapi.

“Mari kita jujur,” kata Obama. “Sebuah penyakit seperti ini hanya menyoroti ketidaksetaraan yang mendasari dan beban ekstra yang harus dihadapi oleh orang kulit hitam di negara ini.

“Kami melihatnya dalam dampak Covid-19 yang tidak proporsional pada komunitas kami, seperti yang kami lihat ketika seorang pria kulit hitam pergi joging dan beberapa orang merasa mereka dapat berhenti dan bertanya dan menembaknya jika ia tidak tunduk pada mereka mempertanyakan. ”

Obama juga akan menyampaikan pidato pembukaan untuk kelas SMA tahun 2020, dalam acara televisi yang berlangsung satu jam yang juga akan menampilkan LeBron James dan Malala Yousafzai.(Sky News/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat