Bandara Kabir Rampung dan Segera Beroperasi, Bupati Alor Amon Djobo Lakukan Peninjauan

0
133
Bandara Kabir Rampung Dibangun dan Segera Beroperasi, Bupati Alor Amon Djobo Lakukan Peninjauan
Bupati Alor, Drs. Amon Djobo saat meninjau Bandara Kabir di Pantar, Jumat (6/3/2020)

TIMORDAILY.COM, ALOR – Bupati Alor, Drs. Amon Djobo melakukan peninjauan atau pemantauan Bandar Udara (Bandara) Kabir di Pulau Pantar, Kecamatan Pantar, Kabupaten Alor untuk melihat infrastruktur dan fasilitas bandara tersebut yang telah rampung dibangun.

Peninjauan ini berkaitan dengan rencana pengoperasian bandara kedua di Kabupaten Alor tersebut dalam tahun 2020 ini.

Seperti yang direlease oleh Pejabat Protokol dan Komunikasi Pimpinan Bagian Humas Setda Alor, Gabriel Lobang Tang, Bupati Djobo ketika meninjau bandara tersebut, Jumat (6/3/2020) mengatakan infrastruktur dan bandara tersebut telah layak untuk didarati atau dioperasikan pesawat.

BACA JUGA : Enam Calon Sekda Alor Jalani Uji Kompetensi, 2 Anggota Pansel dari Kupang

BACA JUGA : ASN Selingkuh di Kabupaten Alor, 1 Dipecat, 2 Dalam Proses Pengajuan

BACA JUGA : TERBARU di Kabupaten Alor – Bocah Berusia 10 Tahun Dicabuli Ayah Tiri dan Siswi SMA Disetubuhi Pemuda

Menurut Bupati Djobo, berdasarkan informasi dari Kementerian Perhubungan RI, dalam tahun ini akan diresmikan 3 bandara di Indonesia, dan salah satunya adalah bandara Kabir.

Bupati Djobo menandaskan, ada sejumlah pekerjaan tambahan lagi yang harus dilakukan sehingga tidak mengganggu hal teknis pengoperasian bandara tersebut.

“Gundukan tanah yang ada harus diratakan, pohon-pohon di ujung bandara harus ditebang, tower yang ada mesti dipindahkan dan beberapa kegiatan lainnya,” ungkap Bupati Djobo.

Sementara itu Kepala Bandara Mali, Kabupaten Alor, Sudarmadji yang dikonfirmasi Timor Daily membenarkan Bandara Kabir di Pantar dalam tahun ini akan diresmikan dengan sejumlah bandara lainnya di Indonesia.

Menurut Sudarmadji, dirinya belum melihat kondisi bandara Kabir saat ini, pasalnya dirinya baru menjabat menjadi Kepala Bandara Mali belum lama.

Namun dirinya memastikan ada informasi dari Kementerian Perhubungan RI tentang rencana peresmian tersebut.

Sebelumnya Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satuan Pelayanan Bandara Kabir, Menirius Tuaty kepada Timor Daily mengungkapkan, sarana-prasarana (Sapras) Bandara Kabir telah lengkap atau memenuhi standart untuk pengoperasian pesawat.

Sapras yang dimaksud, Menirius menyebutkan, yakni terminal penumpang, kantor, ambulance, petalatan keamanan, determinal metal detector, dan sapras lainnya yang mendukung untuk beroperasinya pesawat.

Menirius mengatakan, panjang landasan bandara Kabir 900 meter dan lebar 30 meter.

Panjang landasan ini mencukupi untuk didarati pesawat jenis carafan atau yang dikenal dengan sebutan cessna. (osm/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat

Leave a Reply