Antisipasi Rawan Pangan di Perbatasan RI-RDTL, Camat Lamaknen Minta Kades Gunakan ADD

0
99

TIMORDAILY.COM, ATAMBUA – Camat Lamaknen, Kabupaten Belu, Roni Mau Luma akan mengantisipasi kondisi rawan pangan di wilayah kerjanya itu lewat Alokasi Dana Desa (ADD).

Solusi yang direncanakan ini untuk membantu masyarakat di Perbatasan RI-RDTL akibat gagal panen yang mengancam masyarakat mengalami kesulitan pangan.

“Curah hujan tahun ini tidak terlalu baik. Ini mengakibatkan gagal panen dan masyarakat bisa kelaparan. Untuk itu harus ambil langkah antisipasi lewat ADD,” ungkap Mau Luma ketika dihubungi Timor Daily melalui ponselnya dari Atambua, Selasa (18/2/2020).

BACA JUGA : Pemkab Alokasikan Dana Pengamanan Pilkada 2020 Untuk Polres Belu dan Kodim 1605/Belu

BACA JUGA : Awasi Pilkada, Panwascam Kota Atambua Seleksi PPL

BACA JUGA : Warga Belu Perbatasan RI-RDTL Kibarkan Bendera Setengah Tiang Sambut Pemulangan Jenazah Praka Yanuarius 

Antisipasi lewat ADD tersebut, ungkap Mau Luma, yakni akan membantu masyarakat dengan memberikan 15 kg (kilogram) beras setiap bulannya selama enam bulan.

Menurut Mau Luma, untuk merealisasikan hal ini, pihaknya sudah melakukan assistensi ADD untuk 9 desa di Kecamatan Lamaknen, dan tentang bantuan beras 15 kg ini telah memberitahukan kepada semua kepala desa apabila terjadi gagal panen.

“Untuk bantuan beras ini tentu tidak semua masyarakat dapat. Kita akan melihat masyarakat yang benar-benar gagal panen atau masyarakat yang membutuhkan, dan dilihat juga dengan jumlah anggota keluarga terutama anggota keluarga banyak yang kekurangan pangan,” tandas mantan Kabag Protokol Setda Belu ini.

Selain itu, Mau Luma juga mengungkapkan rencana terobosannya untuk memajukan masyarakat diwilayah itu. Terobosan yang direncanakan akan melaksanakan bulan pendidikan, pada bulan Juni hingga September.

Menurut Mau Luma, masyarakat dalam bulan tersebut dilarang melakukan urusan adat yang besar, karena dampaknya membebani masyarakat, kecuali urusan kedukaan.

Untuk merealisasikan komitmennya ini, ungkap Mau Luma, maka dirinya akan membangun koordinasi dengan pihak gereja dan lembaga adat.(ito/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat

Leave a Reply