25 Anggota DPRD Nagekeo NTT Ditetapkan Sebagai ODP Coronavirus COVID-19

0
593

TIMORDAILY.COM, NAGEKEO Dinas Kesehatan (Dinkes)  Kabupaten Nagekeo menetapkan 25 anggota DPRD sebagai orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19, Senin (16/3/2020).

Dilansir Ekorantt.com, penetapan status ODP ini,  setelah para wakil rakyat pulang dari Jakarta dalam kegiatan Bimtek Pendalaman Tugas DPRD,  11-13 Maret 2020.

Selain para wakil rakyat, empat pendamping anggota DPRD ditetapkan juga sebagai status ODP.

Pada Senin (16/3/2020), petugas kesehatan melakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap para anggota DPRD. Kegiatan tersebut juga diisi dengan sosialisasi penyebaran corona.

Cegah Covid-19, Pemkot Kupang Gandeng Kimia Farma Bikin Hand Sanitizer dan Disinfektan

BACA JUGA : Pandemi Corona Virus – PLBN Mota’ain Indonesia Tetap Lakukan Pelayanan Pelintasan

BACA JUGA : Update : Per 19 Maret Positif Corona 309, 15 Sembuh dan 25 Meninggal

Hermelinda Rangga selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Nagekeo dalam kegiatan tersebut menjelaskan, penetapan status ODP tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjangkit virus Corona bagi  25 anggota DPRD dan Pendamping tersebut. Pasalnya, mereka baru kembali dari daerah yang sudah terpapar Covid-19.

“25 orang anggota dewan bersama 4 orang pendamping itu kami pantau dan observasi selama 14 hari. Jika saat diperiksa mereka mengalami seperti demam mencapai 38 derajat, flu, batuk dan sesak napas, kami akan langsung isolasi atau karantina,” ujarnya Hermelinda, Senin (16/03/2020).

Hermelinda menegaskan,  pemeriksaan dengan suhu tubu di atas 38 derat Celsius,  bukan berarti positif terpapar Covid-19, sebab untuk bisa menentukan seseorang mengidap virus mematikan tersebut, butuh pemeriksaan laboratorium.

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk tidak khawatir dengan adanya warga yang berstatus ODP, karena langkah tersebut merupakan hal yang normal dilakukan guna mengantipasi penyebaran virus Corona.

Ia mengimbau kepada masyarakat Nagekeo untuk selalu waspada terhadap virus corona dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

BACA JUGA : Antisipasi Covid-19, 1 Warga Dirawat di Ruangan Khusus RSU Kalabahi Kabupaten Alor

BACA JUGA : Gubernur NTT Viktor Laiskodat Instruksikan Tutup PLBN, Ternyata di Motaain Aktivitas Lancar

BACA JUGA : Antisipasi Corona, Timor Leste Tolak WNI dan Kunci Pintu Masuk dari PLBN

“Jaga pola hidup dan pola makan, berolahraga dan istirahat yang cukup. Selalu membiasakan diri untuk mencuci tangan pakai sabun sebelum melakukan aktifitas” imbaunya.

Wakil Ketua 1 DPRD Nagekeo Yosefus Dhenga mengapresiasi tindakan cepat pihak Dinkes Nagekeo dalam mengantisipasi penyebaran virus corona tersebut.

“DPRD mendukung langkah-langkah yang diambil guna pencegahan mewabahnya virus corona,” katanya.

Yosefus juga meminta kepada Dinkes Nagekeo agar segera mengeluarkan Surat Edaran ke Puskesmas-puskesmas dan fasilitas umum lainya di Nagekeo, terkait tindakan antisipasi dini Corona.

“Kita harap dalam waktu dekat Dinkes segera mengeluarkan Surat Edaran dan segera menyebarkan leaflet ke Puskesmas-puskesmas dan fasilitas publik lainya terkait waspada corona,” katanya.(Ekorantt/TIMORDAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat