10 Tempat Wisata Paling Hits di Jogja Sepanjang Tahun 2019

0
249
Bukit Panguk, Kediwungdling, Bantul, DIY. Instagram.com/explorjogja

TIMORDAILY.COM, YOGYAKARTA-Selain dikenal sebagai Kota Pelajar, Kota Gudeg, dan Kota Budaya, Yogyakarta menjadi salah satu tempat favorit bagi wisatawan.

Liburan di Kota Yogyakarta menjadi tempat pilihan untuk menghilangkan penat dengan mengunjung beberapa wisata fenomenal di Kota Yogyakarta.

Nama istimewa dari Yogyakarta juga terlihat beberapa tempat fenomenal yang sangat banyak didatangi para wisata domestik maupun wisatawan internasional.

Simak tempat wisata hits di Yogyakarta sepanjang tahun 2019.

1.Wisata Jeep Merapi

jip wisata di lava tour kawasan Kaliadem, lereng Merapi, Sleman (Tribun Jogja/ Bramasto Adhy)

Di Kota Yogyakarta, tapat di lereng Gunung Merapi wisata Lava Tour Merapi menjadi tempat favorit para wisatawan.

Baca juga : Menilik Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Dicoba dan Melegenda

Mengunjungi tempat mencoba perjalanan di sekitar lereng gunung dengan menggunakan mobil Jeep yang telah tersedia.

Kondisi ini membuat siapapun yang menumpang mobil itu akan merasa ikut melompat seiring melajunya Jeep.

Tak heran, setiap hari libur atau akhir pekan, wisata ini banyak digandrungi pelancong, baik dari sebuah perusahaan maupun keluar.

Baca juga : Bunga Amarilis Mulai Bermekaran, Wilayah Patuk Yogyakarta jadi Tempat Wisata Dadakan

Sudah bukan rahasia, jalur Merapi merupakan salah satu jalur gersang. Otomatis, keadaan di sekitar menjadi lebih panas tanpa tumbuh-tumbuhan hijau. Maka dari itu, Anda perlu mengenakan pakaian yang pantas dan nyaman saat menumpang Jeep.

Rute yang ditempuh bermula dari Parkiran Tlogo Putri, Kalikuning, hingga bunker Kaliadem dan kembali lagi ke Kaliurang.

Namun, jika Anda mengambil rute lebih panjang, bukan tidak mungkin Anda akan menyusuri petilasan Mbah Maridjan yang cukup tersohor itu.

Baca juga : Menilik Usaha Lesehan Atambua di Kota Gudeg Yogyakarta

Berapa harga menyewa Jeep di Merapi? Ini tergantung dari seberapa jauh Anda ingin menyusuri. Ada tiga paket yang bisa Anda pilih, mulai dari Short Trip, Medium Trip hingga Long Trip dengan merogoh kocek sebesar Rp 400 Ribu hingga Rp 550 Ribu.

2.Candi Ratu Boko

Senja di Ratu Boko.(lemmbayungsenja.id/wisata)

Ratu Boko menjadi spot andalan bagi pemburu sunset di Jogja. Pengunjung akan berdatangan ke lokasi ini sekitar pukul 15.00 hingga 18.00.

Keindahan sunset di Ratu Boko membuat para pengunjung terpukau.

Pantulan jingga dari senja yang menerangi reruntuhan seakan-akan membuat bangunan itu hidup kembali.

3.Tebing Breksi

Tebing Breksi. Instagram.com/expolrejogja

Namanya tidak asing bagi Anda yang suka melancong jauh. Namun, bagi yang belum kenal tempat ini tentu sangat asing.

Tempat ini menjadi salah satu icon wisata favorit bagi pelajar, mahasiswa, termasuk wisatawan manca negara.

Baca juga : Taman Wisata Alam Menipo, Miniaturnya Pulau Timor Nusa Tenggara Timur

Kebanyakan, setiap hari orang-orang datang ke tempat ini bersama keluarga, rekan kerja termasuk pasangan.

Anda yang ada di Jogja atau yang mau datang berlibur ke Jogja, jangan lupa untuk berkunjung ke wisata Tebing Breksi di Yogyakarta.

4.Taman Sari

Wisata Taman Sari (travel.tribunnews.com)

Taman Sari merupakan situs bekas taman atau kebun Istana Kraton Ngayoyakarta Hadiningrat. Kebun yang dibangun pada kepemimpinan Sultan Hamengku Buwono I (1758-1765) ini memiliki sebutan ‘The Fragrant Garden’.

Untuk menuju ke tempat ini sangat mudah karena letaknya dekat Kraton Jogja. Waktu tempuh kurang lebih 15 menit dari alun-alun utama.

Baca juga : Di Hongaria, 7 Turis Korea Selatan dan 21 Orang Hilang Akibat Kapal Wisata Terbalik

Luas Taman Sari tersebut lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan. Antara lain, gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air sera danau buatan hingga lorong bawah tanah.

Di depan pintu Taman Sari nantinya pengunjung akan dijumpai dengan para pemandu wisata. Jika ingin menggunakan pemandu wisata, Anda tak perlu khawatir biasanya para pemandu tak mematok biaya. Akan tetapi, menurut kebiasaan wisatawan memberikan jasa sekitar Rp 25000.

Baca juga : Menilik Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Dicoba dan Melegenda

Lokasi ini terletak di Wisata Taman Sari Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk biaya masuk Anda akan dipatok harga Rp6000-Rp 12000. Jika Anda membawa kamera akan dikenakan biaya tambahan Rp2000.

5.Situs Warungboto

Wisata Warungboto. Foto : Tribun Jogja/Kurniatul Hidayah

Setelah menjadi lokasi foto prewedding Kahiyang Ayu bersama Bobby Nasution, Situs Warungboto ini semakin eksis dikalangan pemburu foto hingga wisatawan. Situs ini dulunya hanya reruntuhan dan puing bangunan yang terbengkalai.

Dahulu Situs Warungboto berfungsi sebagai rumah peristirahatan keluarga kerajaan yang diberi nama Pesanggrahan Rejawinangun.

Lokasinya berada di Jalan Veteran No.77, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

6.Pintu Langit Dharomo

Wisata pintu langit di Dharomo. (eksotiJogja/@kesiniaja)

Masih berada di kawasan hutan pinus, Pintu Langit Dharomo menjadi tempat favoit bagi seluruh wisatawan.

Pengunjung dapat mengabadikan momen di Pintu dan Piano yang berlatar belakang langit. Oleh karena itu, objek wisata ini diberi beri nama ‘Pintu Langit Dharmo’.

Baca juga : 14 Tempat Paling Indah di TTS yang Wajib Kamu Kunjungi, Ada Pantai Serasa di Timur Tengah Loh

Anda dapat menikmati sore disini, sembari mengabadikan momen bersama sang senja. Untuk jam buka lokasi ini Senin, Kamis dan Jumat pukul 08.00-23.00 WIB. Sedangkan Selasa dan Rabu 08.00-22.00 WIB. Lalu untuk akhir pekan buka dari jam 07.00-24.00 WIB.

7.Kebun Buah Mangunan

Wisata Kebun Buah Mangunan.(Wisatapedi)

Seperti berada di atas awan. Indahnya pemandangan Kebun Buah Mangunan ini menjadi tempat menarik untuk mengabadikan momen bersama keluarga, teman-teman termasuk pasangan.

Terletak di Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul. Anda dapat berkunjung ke lokasi ini pada jam 05.00-18.00 WIB.

Di sini pengunjung cukup merogoh kocek Rp. 5000. Sangat disarankan jika ingin berkunjung ke Mangunan, sebaiknya berangkat dari pukul 03.00 WIB agar dapat menyaksikan berdiri di atas awan dan melihat matahari terbit.

8.Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus Imogiri. Instagram.com/explorejogja

Salah satu tempat paling hits di Jogja. Setiap wisatawan pasti ingin ke tempat ini.

Pasalnya, berada di tempat ini merasakan nyanyian dedauan serta hembusan angin yang menyenangkan.

Di dengar dari namanya saja, wilayah hutan pinus tersebut sudah terbayang keindahannya. Suara nyanyian dedaunan dan hembusan angin membuat Anda tak ingin meninggalkan lokasi ini.

Berada di sini, Anda dapat mengunjungi berbagai macam tempat wisata pinus seperti Pintu Langit Dharmo, Bukit Lintang dan masih banyak lainnya.

Baca juga : Air Terjun Ngabatata Nagekeo Ibarat Gadis Cantik yang Butuh Sentuhan

Hal ini dikarenakan, lokasinya yang berdekatan. Namun, untuk spot foto yang ada di setiap tempat tentu berbeda-beda. Jika Anda cukup waktu untuk mengeliling semua spot foto gunakanlah sebaik-baiknya.

Setiap lokasi Hutan Pinus Anda akan merogoh kocek senilai Rp 5000. Akan tetapi, jika ingin berfoto di spot-spot foto, Anda akan dikenakan biaya tambahan.

9.Bukit Panguk, Kediwung,Dlingo, Bantul

Bukit Panguk, Kediwungdling, Bantul, DIY. Instagram.com/explorjogja

Favorit bukan? Tempat terindah mengabadikan moment di obyek wisata fenomenal ini.

Pengunjung dapat menikmati indahnya matahari terbit dan mengambil momen yang indah di spot foto yang sudah di sediakan.

Baca juga : Pesona Air Terjun di Perbatasan RI-RDTL, Syaratnya Warga Indonesia Harus Berjalan Kaki Susuri Sungai Hingga Kantongi Dokumen

Setiap spot foto akan ditarik biaya, jika pengunjung ingin berfoto di semua spot yang ada disana. Sebaiknya sediakan uang dikantong kurang lebih Rp200 ribu rupiah.

10.Gumuk Pasir Padangkusumo

Gumuk Pasar Padangkusumo.(TribunJogjacom/Santo Arie H

Menikmati sunset atau senja di tempat ini memberikan sensasi seperti berada di Gurun Sahara. Menghabiskan sore di lokasi ini memberikan cerita dalam bentuk hasil potret yang indah.

Baca juga : Air Terjun Wehudi Berlokasi di Wilayah Timor Leste, Larangan Berwisata Bagi Warga Belu Diberlakukan

Hamparan pasir yang luas membuat pengunjung dapat melihat langit secara jelas. Tentu, momen itu bisa diabaikan dengan pasangan sebagai salah satu momen romantis, bukan?(TribunJogja.com/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat

Leave a Reply