10 Pastor di Italia Meninggal Akibat Corona

0
109

TIMORDAILY.COM, BERGAMO-Sebanyak 10 pastor di Italia meninggal akibat virus corona.

Dilaporkan, di antara puluhan pastor yang wafat,  6 orang telah berusia di atas 80 tahun.

Keenam pastor itu yakni Remo Luiselli (81), Gaetano Burini (83), Umberto Tombini (83), Tarcisio Casali (82), Mgr Achille Belotti, dan Mgr Tarcisio Ferrari (84).

Selain itu, terdapat nama Giancarlo Nava, imam berusia 70 tahun yang sebelumnya sempat mengemban tugas sebagai misionaris di Paraguay.

“Jumlah pastor yang meninggal pada pekan ini dan mereka yang masih dirawat dalam kondisi serius sangatlah tinggi,” jelas Uskup Bergamo, Mgr Francesco Beschi, dilansir Kompas.com.

BACA JUGA : 25 Anggota DPRD Nagekeo Ditetapkan Sebagai OPD COVID-19

BACA JUGA : Cegah Covid-19, Pemkot Kupang Gandeng Kimia Farma Bikin Hand Sanitizer dan Disinfektan

BACA JUGA : Update : Per 19 Maret Positif Corona 309, 15 Sembuh dan 25 Meninggal

Kepada InBlu Radio, dikutip dari New York Post, Selasa (17/3/2020), Mgr Francesco mengungkapkan, dirinya sangat sedih harus menginformasikan berita duka ini kepada seluruh umat.

Meski begitu, Mgr Francesco menegaskan, pihak gereja tidak akan terpidah dari umat Katolik di tengah mewabahnya Covid-19.

Banyaknya kasus yang terjadi di Bergamo, kata Mgr Francesco, membuat Paus Fransiskus secara khusus meneleponnya untuk memberikan dukungan.

Kantor berita ANSA melaporkan, Mgr Francesco menerangkan, Bapa Suci menghubunginya untuk mendapatkan langsung situasi terkini Bergamo.

“Beliau sangat tertegun dengan banyaknya korban meninggal atas banyaknya kematian, dan keluarga yang harus mengalami kepiluan seperti ini,” terang dia.

BACA JUGA : Dampak Corona, 4 Kapal Pesiar Batal ke Alor

BACA JUGA : Pandemi Corona Virus – PLBN Mota’ain Indonesia Tetap Lakukan Pelayanan Pelintasan

BACA JUGA : Antisipasi Covid-19, 1 Warga Dirawat di Ruangan Khusus RSU Kalabahi Kabupaten Alor

Dilansir media lokal Avvenire, Rabu (18/3/2020), korban meninggal akibat Covid-19, penyakit yang diakibatkan virus corona, juga terjadi di wilayah lain.

Di Parma, lima orang pemuka agama Katolik meninggal, dengan korban termuda bernama Don Andrea Avanzini yang mengembuskan napas terakhir pada usia 55 tahun.

Di Keuskupan Cremona, Mgr Vincenzo Rini diberitakan meninggal karena Covid-19 pada Sabtu (14/3/2020) dalam usia 75 tahun. Rini dikenal tak hanya sebagai pakar literatur dan novelis.

Dia juga menjalankan media keuskupan selama 30 tahun, dan sempat menjabat sebagai kantor berita keuskupan Italia. Uskup Cremona, Antonio Napolioni, yang sempat dirawat selama 10 hari karena terinfeksi virus corona, disebut sudah pulih dan pulang pada Senin (16/3/2020).

Puluhan pastor yang meninggal karena virus corona tersebut diberitakan tidak akan mendapat upacara pemakaman, sama seperti korban lainnya.(Kompas/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

Editor : Gusti Arakat

Leave a Reply